Restless – Ujungberung Rebels

RestlessRestless adalah band Gothic Metal dari Indonesia. Restless lahir dari komunitas “bawah tanah” (Underground) di Ujungberung, Bandung. pada waktu itu, komunitas musik underground Ujungberung telah berencana untuk membuat proyek musik fenomenal yang merupakan kombinasi dari semua band underground dari Ujungberung. dan proyek musik itu pun sukses dan menghasilkan “Ujungberung Rebels”  (kompilasi musik Independen), dan Restless, adalah bagian dari kompilasi musik tersebut dan menyumbangkan sebuah lagu berjudul “Embun Suci” yang kemudian menjadi lagu hits dari Restless.

FYI, Komunitas Ujungberung Rebels telah banyak menghasilkan band-band metal yang hebat seperti Jasad, Forgotten, hingga Burgerkill yang paling terkenal, dan masih banyak lagi.

Respon positif dari pecinta musik metal di Bandung, membuat Restless semakin yakin dan percaya diri untuk membuat mini album.  mini-album pertama  Restless yang berjudul Bentangan Sunyi, dirilis pada tahun 2000 dengan lagu hits sama seperti judul albumnya, “Bentangan Sunyi”. Hasilnya luar biasa, lagu ini sangat terkenal di kalangan pencinta musik undergound (khususnya) di Bandung dan bahkan hampir setiap hari lagu tersebut diputar di salah satu Radio di Bandung yang total memainkan musik rock (GMR FM – sudah tidak mengudara). dan pada pada periode 2001 sampai 2002 mereka juga melakukan tur album ke Jawa – Sumatera.

Setelah mini album pertama,  kemudian Restless merilis mini-album kedua yang berjudul Shadow of the Black (2003), dan hasilnya cukup sukses. lalu mereka melakukan tour promo album kedua ini yang melalui proses panjang antara tahun 2003  hingga 2004. pada tahun 2005, Tru Lies Prod menawarkan mereka kepada pihak ketiga yaitu Kana Studio (KanaMusik) untuk proses pembuatan album ketiga. akhirnya mereka sepakat dan Restless kemudian mengubah konsep musik dengan memasukkan unsur-unsur yang khas tetapi tetap dalam pakem (warna musik)  yang selama ini menjadi ciri khas Restless.  dalam proses tersebut, salah satu personil mereka mengundurkan diri dari Restless karena kesibukannya. walaupun tanpa vokalis pengganti, proses musik tetap  dilanjutkan. dengan bantuan dari teman-teman baik di Kana Studio, akhirnya Restless menemukan vokalis baru, yaitu Sheila.
Awal tahun 2007 mereka telah menyelesaikan album ketiga mereka yang berjudul Hariku Lebih Hitam Dari Gelapnya Malam. tapi sejak saat itu Restless seperti terdidur dan seolah tenggelam dari hingar bingar industri musik sampai sekarang.

Diskografi:

– Singgle Album, Embun Suci (Independent Rebel, Aquarius 1995)
– Mini Album, Bentangan Sunyi (Pieces Prod. 1997)
– Mini Album, Shadow of Black (Pieces Prod. 2002)
– Full Album, Hariku Lebih Hitam dari Gelapnya Malam (True Lies Prod. 2007)

3 thoughts on “Restless – Ujungberung Rebels

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s