Langit Musik, Toko Musik Online Indonesia

Indonesia, khususnya industri musik, yang selama ini terpuruk setelah maraknya pembajakan kaset/CD yang berimbas kepada kehancuran industri musik dan musisi itu sendiri. dengan hadirnya internet, proses pembajakan semakin marak dan lagu-lagu ilegal pun semakin banyak dan semakin mudah untuk didapatkan.

Tetapi lewat internet juga, sebuah revolusi baru industri musik mulai muncul yaitu bernama online music store. jadi setiap orang yang ingin mendownload lagu di internet, tidak bisa mengakses secara gratis. tetapi harus memebayar harga tertentu layaknya membeli kaset/CD di toko musik. iTunes adalah pelopor online music store yang paling sukses selama ini. kesuksesan iTunes membuat Indonesia mulai mengikuti jejak untuk menyelamatkan Industri musik dengan meluncurkan online music store.

langit musik, toko musik online
Langit Musik

Adalah Tekomsel (provider telepon selular Indonesia)  meluncurkan sebuah toko musik online khusus untuk pelanggan Telkomsel bernama Langit Musik.  sedikit berbeda dengan iTunes yang menjual musiknya kepada siapa saja tanpa membatasi pelanggan atau bukan. Telkomesl hanya menjual musik kepada pelanggan atau pengguna layanan Telkomsel  saja. jadi jika ingin mendownload lagu-lagu yang ada di langit Musik,  otomatis harus menjadi pelanggan Telkomsel. karena yang bisa didownload adalah lagu untuk di ponsel atau komputer (PC) yang di transfer lewat jaringan internet.  hal ini cukup beralasan karena ini adalah bisnis. jadi dengan banyaknya peminat musik yang ingin mendownload lagu dari Langit Musik, harus pelanggan Telkomsel dan yang bukan pelanggan, tentunya harus menjadi pelanggan Telkomsel. dan inilah bisnis yang sangat menjanjikan. karena semakin banyak pecinta musik yang tertarik, tentu Telkomsel akan kebanjiran pelanggan baru. jadi selain ikut membantu pemerintah dalam mengurangi pembajakan karya cipta lagu para musisi Indonesia, sisi komersial tetap prioritas.

Sementara hingga saat ini tersedia kurang lebih 10.000 lagu dan semuanya lagu Indonesia. Biaya tiap lagu Rp 5.000 dan bisa dimiliki selamanya (full track) atau Rp 3.000 untuk sewa selama 30 hari, dan Anda dapat melihat pratinjau lagu dari situs Langit Musik. Lagu yang tersedia hanya dalam format DCF untuk ponsel atau dalam format WMA untuk PC. Kedua format dibungkus dalam DRM dan Anda akan memerlukan Windows Media Player 10 untuk mendengarkan lagu pada PC Anda. saat ini Telkomsel menjalin kerjasama dengan hampir seluruh Major Label musik yang ada di Indonesia seperti Musica Studio’s, Trinity Optima Production, Sony Music, EMI, dll.

2 thoughts on “Langit Musik, Toko Musik Online Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s