Kiat Menembus Panggung Mancanegara

AKSES berhubungan dengan dunia internasional saat ini sangat mudah dengan internet. Namun, go international tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Bagaimana kiat bisa menembus panggung internasional? Beberapa musikus memberikan solusi dan terangkum dalam beberapa poin di bawah ini.

1. Membuat karya yang orisinal, tidak menyontek band luar negeri.
Maklum, promotor pasti akan mengundang band-band yang mempunyai ciri khas. Bikin karya yang bagus sehingga mampu menarik minat orang untuk menyaksikan aksi yang kita tampilkan. Jangan ikuti kecenderungan musik di Indonesia.

2. Sebaiknya lagu-lagu yang diciptakan menggunakan bahasa Inggris. Minimal ada satu atau dua lagu dipersiapkan dalam bahasa Inggris. Sisanya boleh bahasa Indonesia. Lagu berbahasa Inggris ini diperlukan untuk menjalin komunikasi yang lebih akrab dengan penonton yang tentunya diharapkan adalah orang-orang bule. Kecuali kalau cuma bermain di luar negeri, tetapi hanya di depan TKI (tenaga kerja Indonesia).

3. Rajin mencari link record label. Kini sangatlah mudah untuk mencari berbagai tautan melalui fasilitas internet. Anda bisa mempromosikan band lewat website, My Space, Friendster, mailing list, blog, dan lain-lain. Banyak band Indonesia yang dirilis di luar negeri karena sukses mempromosikan band via media tersebut. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, sebaiknya pilihlah record label yang segenre dengan musik Anda. Rajin mencari promotor di mancanegara. Jalin komunikasi dengan mereka, melalui internet. Boleh lewat Facebook, Yahoo Messanger, atau lainnya.

4. Coba pula jalin komunikasi dengan media massa di mancanegara. Syukur-syukur ada yang bersedia memprofilkan band Anda sehingga banyak orang di negara bersangkutan mengenal band Anda lebih mendalam. Dengan demikian, mereka diharapkan bakal tertarik untuk datang dalam konser yang Anda gelar.

Jangan pernah terpikir bahwa band yang main di luar negeri itu selalu mendapat fee besar. Kadang-kadang justru band tersebut harus berswadaya untuk mencari dana. Bahkan siap-siap menombok, harus keluar uang dari kocek sendiri. Yang penting tampil di panggung mancanegara dan bisa go international toh.

Setelah band Anda mendapat undangan, jangan lupa mempersiapkan mental dan finansial yang cukup. Teliti segala dokumen agar jangan sampai ada, personel band yang ketinggalan salah satunya, karena kelupaan bawa paspor, misalnya. Atau tertinggal di luar negeri, gara-gara paspornya hilang.
Ada baiknya band Anda memakai asisten untuk mengurus segala administrasi.

Artikel ini diambil dari:  Media Indonesia edisi 16 januari 2010

3 thoughts on “Kiat Menembus Panggung Mancanegara

  1. bono

    sip , keren informasinya untuk sebuah band adalah sebuah karya yang kepuasanya bisa di nikmati oleh orang banyak dan di kenang dengan NAMA itu band sendiri…

    Bono, simpul pelangi indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s