Indonesia Musik Portal (IM:Port)

IM:Port
IM:Port

Industri musik di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Grup musik/penyanyi baru bermunculan silih berganti, hingga para pecinta musik tidak mudah mengingat satu per satu nama mereka.

Di tengah pertumbuhan musik yang positif, Independen Musik Portal (IM:port), Anang Hermansyah (musisi) yang menjadi penggagas ide IM:port Musik ini muncul untuk memulai industri musik indonesia ke arah dunia musik digital. IM:port adalah sebuah program distributor non-eksklusif untuk karya musik digital indonesia. Hal ini terbuka bagi semua seniman musik, khususnya seniman musik independent (Indie) maupun perusahaan rekaman yang ingin mendistribusikan karyanya dalam bentuk digital. Semua genre musik, vocal maupun instrumental, mulai dari Alternative, Blues, Hiphop, R&B, Jazz, Pop, Rock, dan masih banyak lagi, kecuali yang menyinggung SARA atau pornografi.

Awalnya, Import adalah untuk memberi fasilitas dan kemudahan kepada para musisi independent agar lagu/musik mereka dapat dinikmati oleh publik secara luas melalui internet. Keuntungan yang didapatkan oleh para musisi indie yang tergabung dengan IM:port musik adalah tidak ada biaya alias gratis. selain itu, mereka di beri fasilitas untuk menggelar tour, pembuatan compact disc (CD), Bahkan mereka mendapatkan royalti dari hasil penjualan Ring Back Tone (RBT), karena IM:port mendistribusikan karya mereka melalui RBT yang bekerja sama dengan semua provider seluler di Indonesia. Selain itu melalui website (www.importmusik.com) dan KiosK, jalur distribusi musik band dapat dinikmati oleh penikmat musik di indonesia.

Saat ini sudah 2.400 band, yang didominasi dari pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Untuk daerah lainnya belum, karena terkendala oleh informasi, pengetahuan, dan fasilitas seperti infratsruktur yang tidak dimiliki di daerah lainnya.

Musik Indonesia tumbuh dengan cepat dan memiliki potensi luar biasa. Namun masih ada persoalan dengan keterbatasan infrastruktur. Semua pihak harus turut serta memikirkan dan berperan dalam hal ini, untuk memajukan industri musik indonesia.

One thought on “Indonesia Musik Portal (IM:Port)

  1. …atau mungkin anda ingin mendengarkan musik dari radio online? please come visit us, Java FM memutar lagu hits indonesia sepanjang masa nonstop 24 jam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s