Menyikapi Tentang Praktek Download Mp3 Gratis di Internet

“Nilai seni akan berharga mahal kalau kita menghargai akan barang seni tersebut. tetapi sebailknya, nilai seni akan berharga murah jika kita tidak menghargai barang seni tersebut”.

Pointnya adalah.., hasil seni itu (dalam hal ini musik) akan berharga tinggi saat kita melihat kualitas, originalitas dan memberikan penghargaan akan hasil karya orang tersebut dengan nilai yang pantas. Terlepas dari kecanggihan teknologi, pembajakan, pengkopian, dan sejenisnya pasti akan menurunkan kualitas, originalitas dan tentunya sangat tidak respek akan hasil karya orang lain.

Musik Indonesia menuju digital musik.

Arus tekhnologi bergerak sangat cepat. Transfer data antar file tanpa mengindahkan adanya larangan hak cipta dapat dengan mudah dilakukan dengan media-media seperti bluetooth, kabel data, dsb. Download mp3 gratis pun dapat dilakukan dari situs-situs yang menyediakan layanan untuk mendownload lagu mp3 secara gratis. Lalu apakah artis atau band yang mempunyai hak cipta atas lagu-lagunya yang di download tersebut mendapatkan royalti dari situs-situs tersebut ? Saya rasa tidak.

Istilah digital musik muncul setelah era analog musik (pita hitam dan sejenisnya) sudah dapat digantikan oleh CD dan berkembangnya format mpeq (dimana format mpeq generasi 3 dikenal dengan mp3). dari sinilah perkembangan industri musik digital semakin pesat. Musik sudah bisa didengar dari ipod, mp3 player, handphone, PC, digital streaming di internet, dll. bagaimana dengan digital musik di indonesia ?

Industri musik indonesia saat ini bisa dibilang mengalami perkembangan yang bagus. Sekarang, Musik anak negeri sendiri lebih disukai daripada musik manca negara, ini juga ditandai dengan banyaknya band-band pendatang baru yang cukup memberikan alternatif nuansa musik yang heterogen dan juga perkembangan musik indie yang makin menjamur dengan kualitas yang bagus.

Apresiasi digital musik di indonesia juga memberikan harapan besar untuk membeli mp3 secara legal seperti wwww.importmusik.com, beberapa site musik yang mempromosikan lagu-lagu dari beberapa band indonesia yang hanya bisa didengarkan tanpa bisa didownload dan beberapa operator selular yang menyediakan layanan nada panggil pribadi (RBT).

Terlepas dari berita perkembangan industri musik indonesia yang bagus diatas, apresiasi terhadap karya seni musik ini juga masih kurang baik dari pihak pemerintah, praktisi industri musik dan juga masyarakat. CD bajakan dan MP3 secara bebas terjual di beberapa tempat, web yang memberikan download mp3 secara gratis dan budaya yang merasa bangga kalau baru mendapatkan mp3 dari album terbaru band yang lagi hits.

Bayangkan saja, Suatu band yang baru launching albumnya 2 hari yang lalu, hari ini sudah bisa didapatkan mp3-nya satu album penuh !! tentu saja para seniman musik sudah tidak bisa mengandalkan hasil penjualan album. mungkin hanya kontrak dengan label dan beberapa konser di beberapa stasiun televisi dan konser di beberapa tempat mereka mendapatkan income lebih dari kerja kersanya menghasilkan karya musik. Ini juga mungkin terjadi di indie musik , perusahaan label di indonesia. Sudah banyak perusahaan label di indonesia yang harus diakuisisi, bangkrut dan sejenisnya karena pembajakan, mudahnya akses untuk mendapat mp3 secara gratis. meskipun sudah banyak produk CD yang sudah berusaha diprotek tapi jika semua hal diatas tidak segera direspon, maka hancurnya industri musik indonesia di masa datang, perlahan namun pasti akan terjadi. jika musisi sudah kehilangan gairah untuk menciptaan karya musik, musik akan punah dari kehidupan umat manusia di bumi. terlalu berlebihan…:-), tapi mengerikan jika memang terjadi. sepi….

Memang sudah menjadi sifat alamai manusia, selama ada sesuatu yang bisa didapatkan secara gratis, ngapain harus beli?🙂.

Bagaimana kita harus menyikapi tentang hal ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s