Sukses iTunes sebagai Media Download Lagu Legal di Internet.

iTunesSaat ini, mungkin sudah sangat jarang sekali orang mendengarkan musik melalui gulungan pita karbon yang bernama kaset. benda yang satu ini hampir berada di tepi zaman.

Kemajuan teknologi telah mengubah musik ke arah digital musik. mendengarkan musik pun perlahan namun pasti telah berubah secara signifikan bersamaan dengan digitalisasi lagu-lagu dari pita karbo menjadi Compact Disc (CD). berkembang dan berkembang hingga sekarang lagu-lagu bisa didengarkan dalam format yang lebih canggih yaitu MP3, Digital Streming, hingga RBT.

Cara mendapatkan musik pun tidak lagi harus pergi ke toko musik untuk membeli kaset/CD, tetapi cukup duduk didepan komputer, buka internet, cari lagu yang di inginkan, download, dan play… musik pun bisa didengarkan.

Tapi, download lagu di internet itu kebanyakan disediakan gratis oleh pemilik web dan orang pun mendapatkannya secara gratis juga. walaupun praktek ini termasuk kegiatan “ilegal”, karena merupakan pembajakan hak cipta. tetapi sampai kapan pun praktek ini tidak akan pernah punah. karena memang sifat alami manusia yang beranggapan, “selama ada yang gratis, mengapa harus beli?”.

Pelaku industri musik pun terus mencari cara untuk meminimalkan download ilegal ini dengan berbagai cara dan himbauan kepada masyarakat. karena disamping melanggar hak cipta yang merugikan pemilik/pencipta lagu, juga imbasnya adalah penjualan musik secara fisik (Kaset/CD) jauh menurun seiring maraknya download ini.

Download lagu ilegal di internet itu sama saja dengan pembajakan di dunia nyata. jika saja semua orang di dunia ini (khususnya di indonesia)sudah mau dan mampu untuk membeli produk asli, tentu praktek ilegal ini akan hilang dengan sendirinya.

Sebenarnya download apapun di internet itu tidak masalah asalkan legal. karena proses download itu bertujuan untuk memudahkan orang mendapatkan produk apapun di internet. meskipun download gratis tidak semuanya ilegal, karena memang ada produk yang boleh di download secara gratis dan diberikan oleh si pemilik produk tersebut.

Hal inilah yang kemudian menjadi inspirasi perusahaan komputer Apple, dengan membuat toko musik online bernama iTunes. iTunes merupakan sukses besar yang tidak disangka oleh banyak orang dimana semua orang bisa membeli lagu seharga US$ 0.99.

iTunes sebagai toko musik online milik Apple mencatat angka penjualan yang cukup fantastis. Hingga akhir tahun lalu (2008), iTunes mencatat angka penjualan hingga 6 juta lagu full track download. Angka tersebut dirilis di MacWorld, pada paparan tahun yang disampaikan oleh Phill Schiller, Senior VP of Worlwide Marketing Product Apple seperti dikutip dari TechCrunh.com.

Apakah anda mempunyai lagu sendiri dan ingin menjual lagu anda di iTunes? lihat caranya di artikel saya sebelmnya disini…

3 thoughts on “Sukses iTunes sebagai Media Download Lagu Legal di Internet.

  1. E'nan

    kalaw saya pecipta lagu mas.. tapi gg tau cara jualnya,,,,
    mas bissa bantu saya gg biar saya bissa kayak musisi yg bernama dan ternama di’ indonesia..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s