One Hit Wonder

Sekitar awal era 90-an, adalah awal dari banyak munculnya band/penyanyi yang meramaikan industri musik indonesia. begitu banyaknya hingga membuat persaingan untuk menempati level tertinggi sebagai band/penyanyi populer semakin kompetitif dengan band/penyanyi yang sudah dulu eksis.

Yang namanya persaingan tentu ada yang menang dan kalah. pengertian menang disini adalah bukan pemenang layaknya juara pada sebuah ajang festival atau audisi. namun pemenang yang mampu bertahan dan tetap produktif dalam menghasilkan karya musik. yang kalah tentu saja yang hanya mampu bertahan dan numpang lewat setelah merilis 1-2 album atau single. setelah itu lalu hilang dalam peta persaingan di industri musik.

Namun sejatinya, anatara pemenang dan yang kalah dalam hal ini bukan hanya dilihat dari kualitas musiknya. tetapi hal-hal yang bersifat non-teknis biasanya yang menjadikan sebuah band/penyanyi bisa tetap eksis atau tenggelam. seperti disharmoni antar personil hingga menyebabkan sebuah band bubar. namun dari sisi kualitas, tidak terlalu jauh perbedaannya. bahkan banyak band/penyanyi yang hanya muncul dan terkenal sesaat yang bagus secara kualitas musik. namun hanya mampu menghasilkan 1-2 lagu dan lagu tersebut sangat populer dan menjadi hits. inilah fenomena yang disebut “One Hit Wonder”. sebut saja contohnya, Bayou, Singiku, Gallery, Ita Purnamasari, dan masih banyak lagi.

One Hit Wonder bisa saja sebagai pengakuan atas sebuah band/penyanyi sekaligus “kutukan” bagi setiap pendatang baru yang masuk dalam industri musik. karena, band/penyanyi yang sukses di album pertama, belum tentu akan meraih sukses di album kedua dan berikutnya. maka, album kedua adalah album yang sangat krusial sebagai pembuktian eksistensi.

Fenomena ini tentu tidak akan pernah habis dalam musik. pasti akan ada dan selalu ada band/penyanyi yang mendapat julukan “One Hit Wonder”, sekarang dan nanti. persaingan akan semakin ketat, dan band/penyanyi yang mampu menunjukan kualitas dan eksisitensi tanpa henti, akan menjadi band/penyanyi yang mampu meraih tahta tetinggi di industri musik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s