Musik Dangdut, Kemunduran Menuju Kehancuran

Dangdut, adalah sebuah genre musik yang disebut sebagaia musik asli indonesia. meskipun sebenarnya musik dangdut sangat besar dipengaruhi oleh musik asal india. bahkan tak hanya dari musik saja, penampilan penyanyi-penyanyi dangdut (terutama jaman dulu) sangat terpengaruh oleh gaya khas india.

Seiring perkembangan jaman, musik dangdut telah ber-evolusi dengan musik-musik modern, seperti reggae, disco, hingga rock. begitupun gaya dan penampilan penyanyi-penyanyi dangdut telah meninggalkan gaya lama dan lebih modern sesuai tren yang sedang in.

Jika berbicara dangdut, tak mungkin dipisahkan dengan nama-nama besar seperti Rhoma Irama atau Elvy Sukaesih, yang merupakan legenda musik dangdut yang pengaruh nya sangat besar dalam perkembangan dangdut hingga saat ini. nama-nama lain yang juga punya pengaruh besar diantaranya adalah Mansyur S, Meggy Z, Ikke Nurjannah, Iis Dahlia, Evi Tamala, dll. mereka adalah bisa disebut sebagai “Generasi Emas” dalam sejarah musik dangdut yang populer pada sekitar dekade 80-an – 90-an.

Bagaimana dengan perkembangan musik dangdut saat ini? jawabannya, sangat menyedihkan… bisa dikatakan, “musik dangdut saat ini mengalami kemunduran menuju kehancuran”. bukan nya tidak ada genersai penerus yang eksis dalam musik dangdut, tetapi sebagian besar penyanyi dangdut saat ini tidak punya kualitas, dan hanya mementingkan penampilan untuk menarik pecinta musik dangdut.

2 hal yang sangat jelas terlihat dari kemunduran musik dangdut adalah…,
pertama, penyanyi dangdut saat ini hanya mementingkan penampilan fisik dan tubuh seksi, daripada kualitas vokal dan lagu yang jauh dibawah standar dalam batasan dangdut itu sendiri. hal ini mulai terlihat sejak kemunculan penyanyi-penyanyi dangdut phenomenal namun kontroversial seperti Inul Daratista, Uut Permata Sari, Annisa Bahar, hingga yang palin kontroversial Dewi Perssik, mendominasi industri musik dangdut pada awal tahun 2000-an. maka tak heran, semakin banyak penyanyi-penyanyi dangdut generasi baru yang mencoba sukses dengan mengikuti langkah phenomenal penyanyi-penyanyi dangdut seperti itu yang hanya menampilkan sensualitas semata.

kedua, lagu-lagu dangdut saat ini kebanyakn bukan karya baru dan original hasil ciptaan musisi-musisi dangdut.

Tetapi, lagu dangdut saat ini hanya menjiplak dari lagu-lagu pop yang sedang populer, dan dinyanyikan dengan aransemen musik dangdut.

Apakah ini tanda-tanda kehancuran musik dangdut?…. selamatkan musik dangdut!!. harusnya musisi-musisi dangdut malu dengan sebuah grup musik (Project Pop) yang membuat sebuah lagu “Dangdut is The Music of My Country”, sebagai apresiasi dan bentuk dukungan tidak langsung mereka terhadap musik dangdut yang merupakan musik kebanggaan indonesia.

7 thoughts on “Musik Dangdut, Kemunduran Menuju Kehancuran

  1. iqbal

    assalmuailikum…..

    ane iqbal…ogut juga pencinta dangdut…
    apa yang sampaikan kamu itu bener bngt…smuanya skarang hanya menjiplak…

    tp saya mw tanya…
    gmana mnrut kmu tentang anak rhoma irama yang juga bisa dikatakan lebih dari menjiplak…???

  2. kalo menurut saya, Ridho Rhoma yang merupakan anak dari H. Rhoma Irama menyanyikan lagu-lagu ayahnya itu merupakan re-cycle. atau mendaur ulang lagu-lagu yang dulu dibawakan ayahnya dengan aransemen baru. kalo menjiplak, emang menjiplak,tapi lebih tepatnya menyanyikan kembali.

    wajar, karena masih dijalur dangdut dan membuat gairah musik dangdut itu sendiri yang mulai mati suri. kalo menyanyikan lagu pop dibikin aransemen dangdut, itu baru tanda tanya besar tentang kreatifitas musisi2 dangut.🙂

  3. saya setuju sekali dengan pendapatnya, dan ada 1hal lagi yang saya mau tanyakan, ceritanya teman saya sedang merilis album ke2 nya, tapi kebetulan saat ini dia ingin memproduseri sendiri albumnya, kita sudah memasuki tahap pembuatan dan editing untuk video klipnya, kira2 langkah selanjutnya apa ya yang paling tepat agar bisa memperoleh perhatian dari para label dangdut indonesia🙂 terima kasih sebelumnya, saya tunggu nasehatnya secepatnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s