Alternatif, Musik Pembawa Perubahan

Di sekitar tahun 70-an dan 80-an, musik rock sangat menguasai belantika musik di dunia. bahkan hingga sekarang, sebenarnya musik rock masih menguasai dunia. namun dengan gaya dan perubahan yang cenderung lebih pop.

Hegemoni musik rock dengan ciri khas vokal yang melengking tinggi, sayatan melodi gitar, dan penampilan dari para rocker itu sendiri, lambat laun mulai memudar di awal tahun 90-an. masih ingat bagaimana sebuah grup band yang bernama Nirvana sangat phenomenal saat itu, yang mampu mengubah selera pecinta musik rock ke arah yang tidak biasa.

Banyak yang mengatakan, revolusi musik dunia terjadi pada saat itu. karena dengan momentum tersebut, banyak band-band muncul membawakan musik rock dengan jenis yang sangat variatif. mulai dari grunge, punk, hardcore, gothic, nu Metal, hingga musik yang saat in tren, EMO.

Ini lah masa kejayaan musik rock modern yang secara umum dikatakan sebagai musik alternatif. perubahan memang wajar terjadi dan akan terus terjadi pada perkembangan musik di belahan dunia mana pun termasuk indonesia. tapi pada dasarnya, musik rock tetaplah rock. dengan semangat dan gairah yang membuat adrenaline terpacu.

One thought on “Alternatif, Musik Pembawa Perubahan

  1. Pingback: Alternatif, Musik Pembawa Perubahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s