Era Digital Recording Musik Indonesia

Dulu, artis/band yang sudah rekaman dan mempunyai banyak lagu adalah artis/band yang punya kualitas, dan merupakan kebanggan tersendiri. tak salah juga, karena dulu sekitar dekade 60-an sampai 90-an sangat susah bagi artis/band baru untuk bisa mempunyai album rekaman sendiri. karena hanya sedikit dari mereka yang punya kualitas saja yang bisa di beri kesempatan rekaman secara profesional oleh produser musik atau major label.

Berbeda dengan dekade 2000-an hingga saat ini. dengan kemajuan teknologi (khususnya elktronik) yang sangat pesat, istilah rekaman bukan lagi sebuah prestise. bagaimana tidak, karena dengan teknologi saat ini, rekaman bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah. maka tak heran begitu banyak artis/band baru muncul dalam peta persaingan industri musik.

Mereka sebgai pendatang baru tidak lagi muncul sebagai artis/band yang berada dibawah bendera major label besar yang selama ini terkenal sebagai perusahaan rekaman penghasil artis/band berkualitas seperti Musica Studio’s, Aquarius Musikindo, SonyBMG, dll, tetapi sekarang banyak artis/band yang mempunyai label sendiri, atau perusahaan rekaman skala kecil.

Namun terlepas dari semua itu, kualitas musik yang dihasilkan tak jauh berbeda dengan artis/band major label. hal ini yang melahirkan band/artis independent (Indie). Inilah masa yang disebut “Era Digital Recording”. merekam lagu sendiri dirumah hanya dengan sebuah peralatan sederhana seperti komputer dan software musik, dan alat-alat musik seperti gitar, bass, drum, keyboard, dll, sudah bisa menghasilkan kualitas musik yang bagus. tergantung dari tehnik pengaturan sound dan aransemen masing-masing.

Tetapi banyak kalangan yang menilai bahwa artis/band saat ini hanya bagus karena dukungan teknologi. tapi secara kualitas musik/skill jauh dari band/artis jaman dulu. Namun sebenarnya tidak demikian. karena artis/band tidak bisa di bedakan secara kualitas. tapi dari sisi lain seperti kesuksesan dan kepopuleran yang merupakan tujuan utama dari band/artis komersil. dari setiap generasi akan selalu muncul artis/band yang akan menjadi legenda dan fenomena dalam sejarah musik.

One thought on “Era Digital Recording Musik Indonesia

  1. Pingback: beatheaven » Blog Archive » Era Digital Recording Musik Indonesia « Harmonic Noise

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s