Utopia

Perlahan namun pasti, kiprah grup musik asal bandung Utopia telah berhasil menembus ketatnya persaingan di kancah musik indonesia, dan bisa mensejajarkan diri dengan nama-nama band besar yang telah lebih dulu eksis semisal Cokelat Band. Utopia adalah satu dari sedikit band rock di indonesia yang ber-format vokalis wanita. band seperti ini bukan sebuah hal yang baru di dunia musik, tapi memang jarang. sebut saja band dunia yang telah sukses seperti Evanescence, The Cardigans, atau The Cranberries adalah contoh band sukses yang vokalis-nya wanita. ini merupakan peluang yang masih sangat terbuka lebar untuk band-band yang masih merintis dengan format seperti ini untuk bisa meramaikan dan memberi nuansa yang baru ditengah menjamurnya band-band indonesia dengan vokalis pria tapi lagu-lagu nya terkesan lebih cengeng dan lembek.

Kembali tentang Utopia, mereka tak sekedar hadir untuk berkiprah di industri musik indonesia, tapi mereka mampu membuktikan karakter musik yang mereka bawakan dan tak hanya “mengekor” kesuksesan band Cokelat. karena saat Utopia muncul, band Cokelat sedang berada dipuncak popularitasnya. maka wajar memang jika kemunculan Utopia yang notabene sebuah band rock dengan vokalis wanita (seperti band Cokelat), dianggap hanya grup pendompleng nama besar cokelat.

Utopia adalah band dengan basic bermusik nya adalah rock. dan membahas sekilas tentang musik rock itu sendiri, rock adalah musik yang identik dengan kaum lelaki. keras dan meledak-ledak. karena rock adalah semangat. tapi tidak ada larangan juga yang tidak boleh wanita ikut beekspresi dengan musik rock. karena musik adalah universal. tak memandang usia, gender, ras, dan apapun bentuknya.

Hal ini yang ditunjukan oleh Utopia dan band-band sejenis lainnya. Musik Rock tak sekedar keras, meledak-ledak, dan berisik. tapi rock bisa diekspresikan dengan manis dan indah tanpa meninggalkan spirit/semangat dari musik rock itu sendiri.


Digg!

8 thoughts on “Utopia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s