Budaya Menjiplak

d'masiv_aerosmithBelum selesai kontroversi tentang band yang saat ini lagi naik daun yaitu d’Masiv, tentang salah satu lagunya berjudul “Dilema” yang banyak diperdebatkan karena menjiplak abis salah satu lagu dari band terkenal asal inggris yaitu Muse yang berjudul “Soldier’s Poem”, sekarang muncul lagi lagu d’Masiv lainnya (dalam album yang sama) yang berjudul “Luka ku” intro nya hampir mirip dengan salah satu lagu terkenal lainnya milik band Incubus yaitu “Drive”

Wah, kalo memang kenyataanya mereka benar-benar menyontek/menjiplak setiap lagu yang diciptakannya, bisa-bisa d’Masiv akan mendapat apresiasi yang berbanding terbalik dengan apa yang didapatkan mereka saat ini. sebuah popularitas yang berhasil dengan hanya melempar album pertama yang bisa langsung menjadi idola pecinta musik indonesia.

Budaya jiplak menjiplak memang sudah menjadi sesuatu yang bukan “diharamkan” lagi. memang tak ada fatwa yang menyatakan tentang itu. tapi, menjiplak adalah suatu pekerjaan yang merugikan orang lain. dan ini tentu bukan sesuatu yang dibenarkan. bukan hanya dalam hal musik, jiplak menjiplak adalah menyangkut seluruh elemen yang sekiranya laku untuk dijadikan bisnis yang menghasilkan.

Dalam hal ini (musik*), kontroversi tentang adanya band/penyanyi yang menjiplak karya orang lain baik dari dalam atau luar negeri, bukan satu hal yang baru lagi. Sheila On 7, Naff, dan beberapa lainnya pernah juga dikritk tentang adanya salah satu lagu mereka yang menjiplak hasik karya orang lain.

Tapi menurut saya pribadi, menjiplak dalam hal musik adalah sesuatu yang tak bisa dihindarkan. apalagi musik pop yang memang berasal dari budaya barat. otomatis pengaruh barat sangat dominan di indonesia. karena musik pop sudah jauh lebih lama berkembang disana. banyak musisi ternama pun yang terang-terangan ter-influence dari musik barat. ya memang begitulah… apalagi, nada musik hanya 12 nada. otomatis akan banyak lagu yang hampir mirip karena jumlahnya yang berjuta-juta didunia ini.

apapun bentuknya, menjiplak itu murni 100% menyamai aslinya. tapi kalo sekedar ada kemiripan 1-2 bar nada, adalah sebuah kebetulan.
Digg!

5 thoughts on “Budaya Menjiplak

  1. selfia

    kan blm tntu tu jiplak,mana tau rian cm terinspirasi ma lg tu!!!!tak gendong tu jiplak,msh bnyk lg band yg jiplak

  2. Goldie

    Nih yang punya bog…dah pernah maen ke situs COLORIBUS ga???

    Ngerti ga ama yang namanya INSPIRASI???

    Tolol…suudzon mulu kerjaannya….Najis!!!

    LAGIAN LO TAU AEORSMITH GA…..??? Cuma Copy Paste artikel aja dah bangga…

    Aerosmith tuh ga ada yang COVERnya kaya gitu…itu tuh pose Photo Shoot doang…kalo cuma pose itu mah segambreng Brur!!!

  3. L

    wow,, segitukah..
    i love you aerosmith, i love you muse, i love you incubus
    oia cuma nambah info aja yg lbih,,
    awakeningnya switchfoot juga diikutin, terus into the sunnya life haouse, terus i don’t love you MCR, terus apa lagi yaa.. banyak sih klo lagi dngerin lgu’a coldplay juga ada kaya’a
    inspirasinya d’masive asik juga yah, band band keren.
    tapi knapa sama bgt yaa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s