Jadi Manajer Band

Jadi anak band emang asik. Bisa dikenal sama cewek-cewek, dipuja-puja pas manggung dan yang terpenting selalu keliatan cool.
Tapi, gimana dong kalo nggak bisa main alat?
Nggak usah bingung. Masih ada kok pekerjaan yang cool di seputar band. Salah satu jadi manajer. Selain dibutuhin sama anak band, posisi ini juga selalu dicari-cari sama fans. Asik, kan?
Nah, buat jadi manajer band yang baik tuh nggak gampang. Kalo berminat jadi manajer band yang seru, silakan baca tulisan ini baik-baik. Biar nggak salah jalan, jack!

Apa Aja Syarat yang Harus Dimiliki?….

-Seorang manajer band harus suka musik. Kalo manajer band nggak suka musik, kerjanya bakal nggak enjoy, jack!
-Seorang manajer band harus punya jiwa kepemimpinan. Tanpa jiwa kepemimpinan, seorang manajer band akan sulit menangani band yang dimanajerinya.
-Seorang manajer band harus punya network yang luas dan kemampuan membuat networking baru.
-Seorang manajer band harus punya jiwa marketing. Bisa mempromosikan bandnya dan mampu menjadi juru bicara atau bahasa kerennya P.R. (public relation).
-Seorang manajer band harus punya kreativitas tinggi. Karena, kadang-kadang posisi ini menuntut pola pikir yang nggak umum dalam rangka mencapai suatu hasil.
-Seorang manajer harus luwes. Mengutamakan win win solution dan tidak semena-mena dalam mengambil keputusan.

Apa Sih yang Dikerjain?
-Tugas utama seorang manajer band adalah menjaga keutuhan band yang ditanganinya. Seorang manajer harus bisa menyelesaikan perselisihan antarpersonil atau dengan pihak luar. Untuk itu, seorang manajer yang baik harus juga mengenal karakter personil band luar-dalam. Ini akan sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan keutuhan band.

-Manajer adalah sosok yang ikut membantu band dalam membangun imej. Jadi, berhasil atau tidaknya imej sebuah band terbangun, tergantung dari peran sang manajer. Untuk itu, pengetahuan musik dan tren yang sedang berlangsung amat diperlukan. So, mau nggak mau manajer harus rajin nonton TV, ngedenger radio dan baca majalah. Biar nggak kuper!

-Manajer juga bertugas menjalin kerjasama dengan pihak lain. Misalnya dengan label untuk urusan recording dan distribusi album band yang bersangkutan. Atau bisa juga dengan beberapa produk untuk urusan endorsing atau kontrak iklan.

-Manajer juga bertugas mengatur cash flow sebuah band. Untuk itu, diperlukan pengetahuan dalam mengolah keuangan. Ada lho band besar yang bangkrut gara-gara manajernya cemen ngurusin duit. So, hal ini harus diperhatikan.

-Manajer harus bisa jualan. Menganggap bandnya sebuah produk yang harus dijual. Bagaimanapun kondisi band, baik atau buruk, seorang manajer harus tetap bisa mempromosikan bandnya untuk dijual. Entah itu ke label atau para endorser.

-Kadang, manajer juga bertugas mencar job.Tapi ini bukan tugas utama. Makanya, seorang manajer harus punya networking yang bagus untuk membantu mencari job.

Jenis-jenis Manajer dan Sifatnya
Berikut ini adalah beberapa jabatan dalam manajemen sebuah band. Band yang baik dan mampu biasanya mempunya banyak manajer.Namun, tugas-tugas manajerial kadang bisa dirangkap sesuai dengan kondisi keuangan. Berikut ini detail manajer yang dibutuhkan sebuah band:

-Band Manager
Manajer utama. Bertugas mengatur imej band sekaligus men-drive sebuah band ke arah yang dianggap baik. Dia juga bertanggung jawab untuk menjual band ke pihak luar dan mencari pemasukan.

-Business Manager
Orang yang bertugas mengelola pemasukan sebuah band. Menginvestsikan pemasukan itu hingga menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sukur-sukur bisa menghasilkan pemasukan tambahan.

-Personal Manager
Orang yang bertanggung jawab dalam mengurus masalah intern band. Baik itu menyusun jadwal latihan, soal konsumsi saat di jalan dan lain sebagainya.

-Tour Manager

Orang yang bertanggung jawab untuk mengurus segala hal yang berkenaan dengan konser dan tur. Dari mulai berangkat, di perjalanan sampai pulang. Termasuk mengatur transportasi, konsumsi, akomodasi dan lain sebagainya.

-Road Manager
Orang yang bertanggung jawab untuk mengurus segala hal yang terjadi selama show. Dari awal pertunjukan sampai akhir.

-Stage Manager
Orang yang bertanggung jawab mengurus segala hal di atas panggung. Mulai kru, operator sampai pengurusan sound system.

-Finance Manager
Orang yang bertugas mengurus keuangan dalam sebuah band. Pekerjaannya berhubungan erat dengan semua kegiatan band.

Sumber; www.hai-online.com

One thought on “Jadi Manajer Band

  1. Dan tiadalah kehidupan di dunia ini selain dari main-main dan senda gurau belaka dan sungguh kampung akhirat lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa, kenapa kamu tidak memahaminya ? (Q.S. Al-an’am : 32)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s