Kekuatan Intro Dalam Sebuah Lagu

gary moore
gary moore

Pernah mendengarkan lagu Gary Moore yang berjudul Still Got The Blues? jika anda lupa-lupa ingat memang wajar karena lagu ini termasuk lagu lawas. tapi jika sekali saja mendengarkan Intro dari lagu tersebut, hanya 2 – 3 detik saja mungkin akan langsung mengenali lagu tersebut tanpa harus mendengarkan seluruh lagu. ya, itulah kekuatan sebuah lagu populer. bisa langsung dikenali meski hanya beberapa detik saja mendengarkan intro/nada pembuka nya. baik itu berupa melodi gitar, keyboard, rhytm gitar, atau hanya siulan sang vokalis.

Saking sangat pentingnya peran intro (nada pembuka) sebuah lagu, setiap musisi yang menciptakan karya lagunya tentu akan sangat memikirkan dengan sangat cermat konsep ataupun nada yang akan menandai permulaan sebuah lagu.

Karena penikmat musik akan sangat ter-sugesti fikirannya untuk menyimak sebuah lagu, jika sudah langsung menikmati dari intro nya. maka otomatis akan sangat penasaran untuk menyimak dari keseluruhan lagu tersebut.

Berbeda jika sebaliknya. jika kita sudah mengernyitkan dahi tanda merasakan atau mendengarkan nada yang aneh atau biasa-biasa saja dari intro sebuah lagu, bisa dipastikan kita akan langsung berpaling untuk mendengarkan lagu lain.

Tidak semua lagu,memang memakai nada intro di awal lagu. ada juga yang langsung langsung ke bait. ada juga yang mengambil nada reff-nya untuk dijadikan pembuka lagu. si empu nya lagu tentu merasa nada reff-nya lebih gampang dikenali (diingat) untuk meracuni penikmat musik. disamping juga bisa dijadikan alternatif sebagai pembeda dari lagu-lagu lain, atau agar lebih bervariasi saja. tidak ada aturan yang mengharuskan setiap lagu harus ada intro nya, tapi seperti sebuah realita kehidupan, intro adalah “kesan pertama”. kesan pertama adalah awal dari segalanya.

30 detik di awal lagu adalah penentu dari keseluruhan lagu bisa dinikmati atau tidak di telinga penikmat musik. jika di 30 detik pertama sebuah lagu sudah bisa langsung mencuri perhatian penikmat musik dan mendapat apresiasi yang bagus, itu adalh sebuah keuntungan buat musisi yang menciptakan lagu tersebut.

Advertise :

  • Needed music equipments for recording?

Check this featured;

Gibson Les Paul Studio Electric Guitar (with Case)

http://www..zzound.com

  • Get paid to put a banner on your side

Read this article first

Earn $70 with Affiliate program Vodahost

http://www.vodahost.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s