Parade Karya-karya Lagu, Dewiq…

Akhir-akhir ini nama Dewiq begitu populer sebagai pencipta lagu-lagu hits, baik lagu yang diciptakan untuk penyanyi-paenyanyi pendatang baru, ataupun dia sendiri yang menyanyikannya. nama Dewiq seolah “menenggelamkan” nama-nama beken yang selama ini dikenal sebagai pencipta lagu handal. sebut asaja Melly Goeslaw, Ahmad Dhani, Pongky “jikustik”, ataupun Bebi “Romeo”.

Ada yang bebeda dari karya-karya lagu ciptaan Dewiq. disamping lirik lagunya yang terkesan jauh dari puitis, sedikit “nyeleneh”, juga variasi beat dan nadanya sangat berbeda antara satu lagu dan lagu lainnya.

dewiq
dewiq

Bukan untuk membandingkan, coba amati lagu-lagu karya Melly Goeslaw misalnya. hanpir semua lagu yang Melly ciptakan terkesan seperti sudah punya “rumus” atau pattern tersendiri. baik itu beat musiknya, maupun progresi nadanya seperti gampang kita tebak kemana arah lagunya. dan itu sudah seperti trademark Melly Goeslaw.

Tak bisa dipungkiri, itulah Melly Goeslaw. dengan ciri khas yang rasanya sulit untuk bisa disamai musisi lain. Melly Goeslaw, punya tempat tersendiri dalam peta musik indonesia.

Dewiq, meskipun belum mempunyai ciri khas dalam karya-karya lagunya, tapi menurut saya itu nggak penting. karena eksplorasi musik yang dia ciptakan, membuat gairah musik indonesia semakin menggeliat.

Tak ada yang lebih baik tau jelek diantara semuanya. karena ini bukanlah sebuah kompetisi yang bisa ditentukan siapa pemenangnya. musik adalah proses kreatif, bukan menentukan siapa yang terbaik. tapi siapa yang bakal tetap produktif menghasilkan karya-karya lagu yang hebat, dan namanya bakal abadi sebagai bagian dari sejarah musik indonesia sebagai musisi dan pencipta lagu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s