Kaset, yang mulai terlupakan

Kaset adalah sebuah benda yang terbuat dari bahan campuran plastik yang berisi gulungan pita karbon yang bisa menyimpan hasil rekaman suara maupun gambar. tak perlu dijelaskan panjang lebar detail tentang kaset ini, karena pastinya banyak diantara anda yang lebih faham tentang benda satu ini.

Sewaktu saya masih duduk di bangku SMP, mempunyai sebuah kaset dari Band/penyanyi terkenal saat itu adalah sebuah kebanggaan dan prestise tersendiri. apalagi

kalo saya mempunyai kaset tersebut, paling duluan punya dibanding temen-temen saya. jadi saya bisa menceritakan bagus atau tidaknya lagu-lagu yang ada di album tersebut. dan seperti biasa, kaset baru saya itu lansung jadi rebutan buat dipinjem. masih mending kalo kaset itu balik lagi ketangan saya beberapa bulan kemudian, tapi biasanya langsung gak jelas siapa orang yang terakhir pinjem…:-)

Seiring kemajuan jaman dan perkembangan teknologi multi media, rasanya orang-orang saat ini sudah mulai melupakan benda tersebut. disamping harganya yang lumayan mahal (+/- Rp. 25.000,-) untuk sebuah album yang berisi sekitar 10-12 lagu. orang sekarang lebih memilih CD/MP3 yang bisa menampung ratusan lagu dalam satu keping piringan CD dengan harga yang sangat terjangkau (apalagi bajakannya…), untuk sekedar mendengarkan lagu-lagu favorit.

Dan tak hanya itu, serangan alat-alat media hiburan yang canggih semakin menyudutkan peran kaset yang selama ini kita kenal. mulai dari MP3 Player, iPod, hingga Handphone.

untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan, mendengarkan musik adalah alternatif paling gamang dan murah sebagai hiburan guna sedikit mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang setelah seharian beraktifitas. mayoritas orang-orang kota, peran benda yang bernama Handphone/selular adalah bagian tak terpisahkan dalam menunjang aktifitas sehari-hari. karena handphone sekarang bukan hanya sebagai alat untuk berkomunikasi saja, tetapi sebagai multi media hiburan yang sangat komplit. bisa telpon, sms, motret-motret, internet-an, nonton TV, dan tentunya dengerin musik hanya dengan satu atau beberapa kali pencet keypad di handphone. orang saat ini “nyaris” gak punya waktu untuk mendengarkan msik dari kaset.

Jadi sagat wajar dengan perkembangan teknologi saat ini, cara-cara konvensional untuk mendengarkan musik mulai ditinggalkan. mungkin bagi sebagian masyarakat kita masih ada yang menjadikan kaset sebagai hiburan mendengarkan musik yang masih dilakukan.

Kaset seolah seperti manusia purbakala yang hidup di abad milenium…🙂

Tapi, itulah hukum alam… yang lama pasti tergantikan dengan yang baru.

One thought on “Kaset, yang mulai terlupakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s