Tempat promosi dan mendapatkan info musik Indie

Industri musik sekarang sedang sekarat, coba dengarkanlah radio atau televisi sekarang, betapa membosankannya musik-musik major label terus diulang-ulang hanya dalam kurang dari satu jam, padahal tidak tentu musik tersebut sesuai dengan selera kita sebenarnya. Itulah kekurangan musik populer major label, tidak memberi kebebasan bagi pendengar untuk mendengar musik yang mereka inginkan. Jika anda perhatikan, musik-musik tersebut lama kelamaan membosankan karena tipikal semua artis dalam menyanyi hampir sama, apalagi musik hip-hop, anda pasti lebih mengingatnya sebagai “oh lagu ini, aku sering dengar”, karena hampir semua musik tersebut mirip.

Bagi anda yang haus akan musik yang berbeda dan menyenangkan di telinga anda, musik indie mungkin pilihan yang cocok, disini anda bisa mencari musik indie dari musisi berbakat indie favorit anda atau yang tidak pernah anda dengar sebelumnya, dan bahkan jika anda seorang musisi indipendent atau indie band, anda bisa mempromosikan album atau rekaman lagu indie anda secara online dan internasional.

Banyak lho musisi indie indonesia yang sangat sukses di luar negeri dan sering diundang performance live di berbagai negara dibanding musisi major label kita sendiri bahkan menjadi inspiring band, kebanyakan band-band indie tersebut sukses dengan bantuan promosi secara online. Anda juga bisa menjual lagu-lagu anda disini, jangan takut tidak ada yang beli karena banyak sekali penggemar indie di seluruh dunia yang selalu haus musik-musik baru dan lebih memilih membeli musik indie daripada major label.

1. AmieStreet
http://amiestreet.com
Jaringan sosial dan marketplace musik untuk artis indie ini memiliki koleksi database berbagai album indie lengkap, jika anda seorang musisi indie, anda bisa menjual rekaman anda disini dan mendapatkan 70% dari hasil penjualan.

2. AnyGig
http://www.anygig.com
Tempat ini disediakan untuk para musisi indie sebagai tempat promosi band dan venue tempat memainkan lagu band tersebut untuk didengarkan pengunjung situs.

3. Artistopia
http://www.artistopia.com
Venue online untuk para performer musik dengan profil dan tempat display hasil kerja musik mereka, anda bisa menemukan banyak artis bagus disini atau mempromosikan band indie anda.

4. BandBuzz
http://bandbuzz.com
Jaringan sosial dimana artis indie dapat membuat sendiri profilnya, meng-upload musik mereka dan direview dan direkomendasikan oleh pengguna situsnya.

5. BandChemistry
http://www.bandchemistry.com
Situs untuk para musisi untuk mencari anggota baru untuk grup band mereka dan membentuk band baru.

6. BandWagon.co.uk
http://bandwagon.co.uk/home
Jaringan sosial untuk para pecinta musik indie, dimana band-band indie juga dapat menjual mobile content seperti ringtone dan wallpaper.

7. ChampionSound
http://www.championsound.com
Manager mailing list gratis untuk artis, promoter acara dan venue.

8. Elisteningpost
http://www.elisteningpost.com
Disini anda bisa mengupload musik anda dan menjualnya dimanapun yang anda mau seperti MySpace dan FaceBook.

9. FireGigs
http://www.firegigs.com
Situs ini bertujuan untuk mempromosikan band-band yang belum diketahui dengan memainkan musik-musiknya pada background musik cafe, coffe shop, dan banyak lagi lainnya. Selain itu juga dipromosikan melalui aplikasi facebook dan widget MySpace.

10. Fuzz
http://www.fuzz.com
Jika anda seorang performer, anda bisa mengupload musik anda disini untuk dijual dan juga me-manajemen mailing list band anda dan banyak lagi.

11. HumbleVoice
http://www.humblevoice.com
Tempat ini ditujukan untuk semua tipe artis independen, termasuk musisi untuk mempromosikan hasil karya ciptanya.

12. iJamr
http://www.ijamr.com/landing.asp
Musisi indie disini dapat mengupload musik mereka dan blogger dapat meletakkan lagu mereka di situs mereka dengan gratis dan jika ada penjualan, blogger juga mendapat bagian.

13. Indistr
http://www.indistr.com
Perusahaan ini dapat membantu artis independennya untuk menjual musik mereka langsung ke publik dan musisi mendapatkan bagian 75% dari hasil penjualannya.

14. mTraks
http://www.mtraks.com
Pasar dan jaringan online untuk artis indie untuk mempromosikan dan menjual musik mereka.

15. Mubito
http://www.mubito.com
Disini anda bisa membuat sendiri website band anda dan juga menjual MP3 milik band anda.

16. Musicane
http://musicane.com/main/home
Disini anda bisa mepromosikan dan menjual musik dan ringtone buatan anda.

17. MusicNation
http://www.musicnation.com
Komunitas dengan halaman profil musisi ini juga mengadakan kompetisi dengan beragam hadiah.

18. Panjea
http://www.panjea.com
Disini anda bisa meletakkan klip anda dari web dan menggabungkannya dalam satu player sehingga hanya mengambil sedikit tempat pada halaman anda dan anda bisa mempromosikan musik anda dengan mudah.

19. PocketFuzz
http://www.pocketfuzz.com
Tempat untuk para musisi menjual ringtone hasil karya mereka dan memberitahukan berita kepada fans mereka melalui mobile.

20. PopFolio
http://www.popfolio.net
Provider widget musik untuk blog ini dapat membantu musisi independen mengupload lagu mereka sebagai contohnya dan menjualnya.

21. PumpAudio
http://www.pumpaudio.com
Layanan untuk artis indie ini dapat membantu lagu mereka menjadi lisensi soundtrack televisi atau film.

22. Ripple9
http://www.ripple9.com
Situs ini dapat membantu band untuk mempromosikan mereka melalui media mobile ke fans mereka.

23. Scriggleit
http://www.scriggleit.com
Software ini bisa anda gunakan pada laptop pada table merchandise sehingga anda bisa mengatur orang yang bergabung dalam mailing list.

24. SessionSound
http://www.sessionsound.com
Situs untuk musisi independen ini dapat membantu mereka untuk tetap menjadi artis indie dengan menjual musik mereka dengan online.

25. Unsigned
http://www.unsigned.com
Situs untuk unsigned band meletakkan halaman profil mereka dan playlist Mp untuk mengundang pendengar baru.

Sumber : http://designerwebsite.wordpress.com/

11 thoughts on “Tempat promosi dan mendapatkan info musik Indie

  1. indie musik adalah bukan musik yang kurang komersil. tapi karena prinsip bermusik dari para musisi indie itu sendiri yang sangat kuat, maka wajar jika akhirnya musik indie menjadi segmented

  2. Ari wulandari

    Salam kenal mas nanang. Sy mw tnya mas, sy kmrn dpt brosur ttg ksmpatan emas utk msuk rekaman dan syuting video klip tnpa audisi utk slrh kota di indonesia. Di brosur itu tertera indie music indnesia. Jika yg brminat dminta mbyr uang snilai 6jt. Dan perantaranya ini ada di daerah cihanjuang,cimahi bdg.tp dbrosur tsb tdk dsertai tglny kpn. Qt hny dsuruh byr,ttd kntrak yg mnrt sy krng jlas,dan tgl menunggu kptsan.pkokny smua biaya qt yg tnggung.nah yg mw sy tnyakan. Bner gk si mas, indie mnylenggarakan hal tsb. Soalny sy khawatir itu hnylah pnipuan. Thx ya mas

  3. Terimaksih buat komentarnya. menurut saya, hal seperti itu adalah penipuan belaka. jika memang benar nantinya kita rekaman sesuai brosur yang dijanjikan, tapi kita gak tau akan di bawa kemana lagu kita. karena musik indie itu tidak komersil. jadi biasanya musisi indie bergerak sendiri untuk proses pembuatan album dan promosinya. apalagi jaman sekarang, jualan musik secara online sedang trend. jika musik indie tergabung dengan suatu major label, itu hanya sebuah album kompilasi. dan selanjutnya, tetap saja bergerak sendiri untuk proses publikasi. mungkin, jangan dulu ya… kalo punya duit segitu, mending track lagu sendiri, dan bikin mini album aja….:-)

  4. Pingback: beatheaven » Blog Archive » Tempat promosi dan mendapatkan info musik Indie « Harmonic Noise

  5. hello mas nanang….slm knal dri sick-matt, band indie padang…..
    gua pengen t? ne mas,
    knp band indie tu susah bgd mendapat kn t4 di hati pendengar music?

    thanks mas

    slm knl

  6. @adink: menurut saya band indie itu punya pendengar yang segmented. bukan musiknya yang nggak berkuaitas, tapi banyak faktor hingga band2 indie susah diterima secara luas. paling utama adalah promosi. karena band indie cara berpromosinya melalui jalur sendiri, bukan promosi masal seperti band2 mainstream. jadi, kalo band indie ingin diterima secara luas, ya harus tergabung dengan major label yang punya networking luas. tapi, kebanyakan band indie yang sudah tergabung dengan major label, malah menjadi kehilangan jati diri dalam bermusiknya. karena diharuskan mengikuti selera pasar.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s