Ciri khas itu, penting…

Jika ingin mendirikan sebuah grup band, tentunya harus ngumpulin temen-temen yang bisa maen musik. nggak perlu yang mempunyai skill tinggi. karena bukan jaminan juga, band yang personilnya punya skill bermusik bagus, bisa sukses di industri musik indonesia. yang penting punya semangat tinggi, punya wawasan musik luas, dan juga koneksi🙂.

Ada satu hal yang jadi point terpenting dalam membentuk band. yaitu mencari seorang vokalis yang mempunyai “ciri khas” dalam bernyanyi. baik itu dalam suaranya, maupun aksi panggung. vokalis band itu ibarat seorang striker dalam sebuah tim sepak bola. ciri khas seorang striker kelas dunia adalah bagaimana cara dia menciptakan peluang dan mencetak gol ke gawang lawan. ciri khas tersebut adalah gabungan antara bakat alami yang dimiliki dan hasil latihan yang tekun. begitupun seorang vokalis band, ciri khas suaranya dan aksi panggungnya akan memberikan dampak positif bagi kesuksesan band.

Bukan menegcilkan peran dari personil yang lain, tapi itulah realitanya. bahwa seorang vokalis itu bagaikan magnet yang bisa menyihir khayalan penikmat musik. tapi sayangnya banyak vokalis band yang terlalu memaksakan agar kelihatan punya ciri khas. tapi malah kedengerannya aneh. contohnya, Kapten adalah band yang secara kualitas musiknya bagus. tapi syang, karakter suara vokalisnya tergolong “pasaran”. banyak orang yang berusaha meniru gaya bernyanyi dengan suara berat seperti itu. Vagetos, adalah band yang musiknya biasa-biasa aja. standar lah…malah kalo menurutku mirip musiknya Muse. tapi karena vokalisnya punya suara yang khas, banyak orang yang suka kadinya dengan band Vagetos tanpa mempersoalkan musiknya. menurutku, vokalis band yang punya ciri khas tersendiri adalah Arman Maulana (GIGI Band). bersyukurlah bagi orang yang deberi karunia dari Tuhan dengan bakat alaminya dan punya talenta musik.

Selain harus mempunyai vokalis yang punya ciri khas atau punya karakter, tentulah musiknya pun harus punya ciri khas juga sebagai pembeda dari band-band lain. sebagai contoh, Yovie Widianto adalah seorang musisi yang hebat menurutku. meskipun dia punya dua band yang berbeda yaitu Kahitna dan Yovie & The Nuno, tapi dia bisa memberikan warna musik yang bebeda untuk dua band tersebut. karena kita pun tau bahwa hampir semua karya lagu untuk kedua band tersebut, selain maen keyboard, dia yang banyak menciptakan lagunya, aransemen musiknya dan lainnya. dia pun menciptakan dan mengaransemen lagu untuk penyanyi-penyanyi solo seperti, Audy, Rio Febrian, Astrid, hingga Monita Idol, dll.

Tulisan ini bukan hal mutlak untuk panduan kesuksean bagi yang akan mendirikan grup band. tapi ini sekedar intermezzo aja, yang melihat sesuatu dengan sudut pandangku dan opini sendiri. tapi mudah-mudahaan ada diantara pembaca yang setuju dengan opiniku ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s