Peran Gitaris dalam sebuah Band

Sebuah grup band standarnya adalah terdiri dari vokalis, gitaris, basis, drumer, dan keyboardis. tapi kadang-kadang dalam sebuah band, peran pemain keyboard jarang digunakan. biasanya musik-musik alternative rock. tapi, dlam musik pop, peran keyboard menjadi sangat penting.

Secara logika, untuk ukuran pemula yang akan mendirikan sebuah grup band jarang memakai seorang keyboardis. karena disamping relatif sedikit yang menguasai alat musik ini, juga karena alasan bahwa harga sebuah keyboard lebih mahal dari sebuah gitar. makanya sangat jarang orang-orang yang ingin belajar musik, menjadikan keyboard sebagai prioritas utama. dan alasan yang juga masuk akal adalah keyboard itu sendiri nggak bisa seenaknya dibawa kemana-mana. karena alasan tersebut, makanya orang-orang lebih tertarik belajar gitar karena simpel.

Dari semua itu, biasanya band-band pemula menggantikan peran keyboard dengan memakai dua orang gitaris dalam satu band. tujuannya jelas adalah agar bisa saling mengisi kekosongan nada dari lagu-lagu yang mereka bawakan, dan bisa memberikan nuansa yang lebih indah dibanding hanya dengan satu gitar. dua orang gitaris itu biasanya dibedakan perannya. ada yang menyebut dengan gitar 1 dan gitar 2, ada juga yang menyebut gitar melodi dan rhytm.

Tetapi kenyataanya, banyak band-band yang terjebak dengan pola ini yang mempunyai dua orang gitaris dalam band-nya. karena dengan adanya dua orang gitaris, justru gaya permainannya hampir sama. alhasil lagu-lagu yang dibawakannya terkesan menoton dan dirasa percuma memakai peran dua gitar. biasanya, ada dua kemungkinan. pertama, hanya seorang gitaris saja yang menonjol dan berperan. sedangkan gitaris satunya lagi tak lebih hanya sebagai pelengkap dalam band. kedua, dua orang gitaris tersebut memang kurang kreatif dalam menciptakan harmoni nada dalam lagu-lagunya. jadi nggak tau pembagian nada untuk gitar 1 dan gitar 2. jadi, terasa percuma memakai dua gitar jika nadanya sama.

Tapi, tak semua grup band yang memakai dua orang gitaris itu jelek atau biasa-biasa aja. banyak juga yang memang keren, band dengan duo gitaris. mungkin sebagai contoh adalah, Slank. peran Abdee Negara dan Ridho terasa begitu harmoni dalam lagu-lagu Slank. bandingkan dengan band-band lain yang memakai dua orang gitaris, seperti Naff, Nidji, Kangen Band. rasanay nggak ada pengaruhnya jika band mereka itu hanya memakai satu orang gitaris saja…:-).

Lebih baik memakai seorang gitaris saja. bahkan jika dalam sebuah band hanya ada seprang gitaris saja, biasanya bisa lebih bagus dalam improvisasi nada, yang akan lebih memperindah lagu-lagu dari band tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s