Go…Indie!!!

Bergairahnya industri musik indonesia saat ini, tentu tak lepas dari semakin cintanya masyarakat kita terhadap musik hasil karya anak negeri sendiri. Stasiun Radio sebagai barometer musik itu sendiri, saat ini sangat didominasi oleh lagu-lagu lokal penyanyi/band indonesia. bahkan ada satu stasiun radio yang 100% hanya memutar lagu-lagu indonesia.

Momen ini tentu ingin di manfaatkan oleh para musisi yang sudah dulu/lama eksis berkiprah di belantika musik indonesia untuk terus menciptakan karya yang lebih berkualitas demi kemajuan musik indonesia pada umumnya. dan tentu para pendatang baru, baik itu sebagai penyanyi solo, duo, grup/band, bermunculan seperti ingin berlomba untuk bisa menembus persaingan di jagat musik indonesia.

Suatu hal yang lumrah terjadi bahwa, dalam sebuah persaingan pasti ada yang menang dan yang kalah. ada yang bertahan (eksis) dan ada yang tenggelam. semua itu bukan berarti yang bertahan adalah band/penyanyi yang baik secar skill dan kualitas, dan yang kalah lalu tenggelam adalah band/penyanyi yang jelek atau pas-pasan. tapi banyak sekali faktor penentu sebuah band/penyanyi itu bisa bertahan/eksis di industri musik.

Promosi, adalah bagian paling penting dalam perjalanan sebuah band/penyanyi hingga terkenal dan sukses. semakin sering kita menyaksikan sebuah band/penyanyi di Tv, mendengar lagu-lagunya di satsiun radio, melihat spanduk yang hampir selalu hadir di setiap acara musik, di internet, dan segala bentuk media yang bisa dijadikan sarana promosi, maka secara tidak langsung image band/penyanyi tersebut akan masuk kedalam memory otak kita. dan secara otomatis kita akan dibuat penasaran untuk mengenal musik mereka di kemudian hari. dan akhirnya, hanya selera musik kita masing-masing yang akan menyukai atau tidak band/penyanyi tersebut. dan setidaknya kita tau, bahwa band/penyanyi tersebut ada.

Untuk band/penyanyi baru yang ingin mewujudkan semua itu, tak cukup hanya bermodalkan kemauan dan kesriusan saja. banyak hal yang harus di konsep secara matang dan tentunya modal yang relatif menunjang. tak bisa dipungkiri, dana memang diperlukan untuk menembus birokrasi yag rumit di indonesia ini. mungkin sebagai langkah alternatif, kita bisa bergerak di jalur Indie Label. sekarang banyak wadah untuk menyalurkan karya-karya dari band-band pendatang baru yang bergerak di jalur Indie. dari acara sejenis festival, audisi kompilasi, demo track, dan tentunya internet.

Semoga, fenomena menjamurnya band-band baru di indonesia ini bukan hanya fenomena sesaat. tapi ini adalah revolusi musik indonesia menuju kejayaan musik indonesia di masa mendatang.

Go…Indie!!!

One thought on “Go…Indie!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s