Melawan Pembajakan

Saat Peterpan masih berada di puncak kejayaannya, berbagai sumber menyatakan bahwa volume penjualan dari kaset/CD Peterpan berhasil terjual 2 juta copy lebih. wow…!!!, bisa dibayangkan jika harga 1 kaset itu  Rp. 20.000,-, berapa hasilnya jika dikalikan?… belum dari CD. duit semua itu… Itu adalah gambaran dari prnjualan kaset/CD yang asli/original. trus, berapa banyak yang bajakannya. yang pasti sih lebih banyak. fihak Peterpan sendiri pernah mengungkapkan di media bahwa kemungkinan kaset/CD bajakannya bisa 3 X lipat jumlahnya. ya, sekitar 6 juta copy lah… wow!!!.

Pertanyaanya, kenapa kaset/CD bajakan lebih laris ketimbang yang original? ya semua orang juga tau, kaset/Cd bajakan itu harganya jauh lebih murah. bayangkan aja, CD original itu harganya sekitar Rp. 40 – 50.000,-. sedangkan yang bajakan cuma goceng (Rp.5.000,-). jadi kalo kebanyakan orang beli CD bajakan, alasannya bermacam-macam. ada yang cuma pengen denger aja bukan buat koleksi, ada yang berfikiran bahwa daripada beli CD original yang mahal, mending beli yang bajakannya aja. suaranya sama aja koq… jadi kalo beli CD bajakan goceng, sisa Rp. 45.000,- yang bisa dihemat lebih baik buat beli keperluan sehari-hari, beras, minyak, tempe, tahu, ikan asin, dll. jadi hati senang, perut kenyang. coba kalo beli CD original? wah, bisa puasa sehari semalem dech…

Di belahan dunia manapun, yang namanya pembajakan itu pasti ada aja. tapi pasti berbeda dari beberapa aspeknya dengan di indonesia. untuk memberantas pembajakan memang sulit. karena itu adalah praktek ilegal yang bisa merugikan negara, maka yang harusnya berwenang adalah pemerintah yang berkaitan dengan masalah ini. kita sebagai rakyat, hanya bisa mendukung untuk hal ini.

Di Negara-negara maju, rasanya bukan masalah berapa harga dari sebuah kaset/Cd original. jadi pemerintahnya nggak perlu menghimbau ini atau itu untuk tidak membeli produk bajakan. berbeda dengan mayoritas masyarakat indonesia yang harus mikir berkali-kali untuk sekedar membeli sebuah kaset/CD original. jadi himbauan apapun baik dari pemerintah ataupun dari pihak artis-nya sendiri, nggak akan banyak berpengaruh.

Mungkin ada solusi?…kemungkinan pasti ada. misalkan;

1. Kaset/CD original itu haraganya diturunkan dan harus bisa bersaing sengan harga para pembajak. tapi rasanya nggak mungkin. karena biaya produksi dan pajak (cukai) pemerintah nggak akan tertutupi jika dijual, Ceban (10.000) misalakan. wah, bisa-bisa bangkrut perusahaan rekaman.

2. Masyarakat Indonesia harus sudah mapan secara ekonomi. jadi misalkan UMR untuk kaum buruh minimal 3 juta, pasti nggak akan merasa rugi jika harus ngeluarin 50.000 buat beli CD original. tapi, kapan ya UMR bisa 3 juta?…

3. Para penjual kaset/CD merasa malu dan berdosa dengan menjual produk yang bajakan. intinya kesadaran diri. tapi rasanya sulit juga, karena bagi sebagian orang, bejualan kaset/CD bajakan itu adalah mata pencaharian. jadi, kebanyakan karena terpaksa menjalani semua itu dan tuntutan ekonomi.

4. Peran pemerintah harus tegas.  tapi jangan asal gusur para pedagang  kaset/CD bajakan. karena itu bukan solusi. yang harusnya digusur adalah cukong-cukong yang bermodal besar dalam jaringan bisnis itu.

5. Kita sebagai konsumen/pembeli, harusnya punya kesadaran juga. bahwa dengan membeli produk bajakan adalah sama juga dengan membeli barang yang nggak berguna. lebih baik kita menabung untuk membeli yang original. anggap aja dengan membeli produk original, kita telah ber investasi. ya, walaupun suatu saat kita cekak nggak punya duit, kaset/CD original itu bisa kita jual koq…:-). atau kita gadai aja ke temen…

Melawan pembajakan, bukan harus dengan cara menggusur para penjual kaset/CD bajakan agar tidak berjualan lagi. karena cara tersebut kurang efektif dan cenderung cuma sesaat aja para pembajak itu menghilang. tapi lawanlah pembajakan dengan cara “tidak menghiraukan keberadaan mereka”. dengan kita tidak menghiraukan mereka dan tidak membeli produk mereka, lambat laun keberadaan mereka akan hilang dan pastinya mereka akan merasa rugi. priiitt…!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s