Era Digital Recording

Jaman sekarang semua orang bisa dengan mudah merekam lagu sendiri dalam format track recording, atau album rekaman sendiri. baik itu untuk koleksi pribadi maupun untuk tujuan komersil. karena sekarang ini semakin banyak studio recording digital yang sangat terjangkau harganya untuk harga sebuah rekaman audio yang dulu hampir nggak mungkin semua orang bisa merasakannya. bahkan jika punya alat musik  dan software digital recording sendiri, ini bisa dilakukan dirumah.

Berbeda dengan jaman dulu yang masih menggunakan sistem Analog untuk proses recording musik, yang prosesnya lebih rumit dan nggak sembarang orang bisa melakukannya. karena sistem ini hanya studio recording profesional aja yang mempunyainya.

Untuk proses recording dengan sistem digital, setiap pemain/player dapat dipisahkan dalam pengambilan/take sound-nya dan tak mesti bersamaan waktunya. karena dalam pengambilan/take sound dilakukan secara terpisah, jadi akan lebih leluasa untuk merevisi setiap detil kesalahannya dan bisa dilakukan take ulang atau hanya menyambung bagian yang salah tanpa harus mengulang secara keseluruhan. istilahnya di edit. berbeda dengan recording dengan sistem analog yang diharuskan dalam take sound-nya dilakukan bersamaan, Drum, Gitar, Bass, Vokal, atau Keyboard secara live. jadi misalkan ada kesalahan salah satu playernya, otomatis harus diulang dari awal. tentunya ini haruslah player yang mempunyai skill tinggi. makanya jaman dulu, Band-band/penyanyi yang sudah rekaman, berarti kualitas bermusiknya memang bagus.

Apakah Band-band/penyanyi jaman sekarang yang kebanyakan melakukan proses recordingnya dengan sistem digital, bagus secara kualitas bermusiknya? atau bagus karena bantuan teknologi?… mungkin ada benarnya jika teknologi sedikit membantu dalam proses recording digital. tapi nggak sedikit juga yang memang pada dasarnya para pemain band/penyanyi sekarang mempunyai skill bagus. lalu ditunjang dengan teknologi saat ini, hasilnya bisa lebih dahsyat dari band/penyanyi jaman dulu yang memakai sistem analaog.

Apapun bentuknya, skill sesungguhnya baru teruji dalam aksi panggung/performance mereka. ada yang memang bagus, tapi nggak sedikit juga yang amburadul. Band-band baru banyak banget bermunculan. semuanya hanya punya satu tujuan, yaitu ingin berkiprah di belantika musik indonesia. biarkanlah ini terjadi secara alamiah. karena yang benar-benar baguslah yang akan diterima penikmat musik indonesia, dan akan tetap eksis.

3 thoughts on “Era Digital Recording

  1. Pingback: Promosi dan Jual Lagu di Internet « Harmonic Noise

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s