Urban Pop

Pernah mendengar istilah Urban Pop? yang jelas menurutku ini bukan sebuah aliran musik baru, tapi istilah trend musik yang sedang merajai jagat musik indonesia saat ini. nggak ada definisi tentang urban pop itu apa, karena itu adalah image yang disebarkan oleh pemberitaan di media untuk kesuksesan band-band pendatang baru yang berhasil meruntuhkan dominasi penyanyi/band pop yang selama ini terkesan dengan musik untuk selera orang-orang kota atau kalangan tertentu.

Band-band yang dikategorikan sebagai band urban pop adalah contohnya; Ungu, Peterpan, Radja, Nidji, Sheila On 7, dan tentunya masih banyak yang lainnya. kenapa band-band tersebut bisa dikategorikan sebagai band-band urban pop? apa mereka adalah band-band yang umumnya berasal dari daerah, yang notabene adalah kaum urban? atau karena penggemar band-band tersebut umumnya kaum urban? nggak tau dech…

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya musik pop itu identik dengan lagu-lagu dari penyanyi-penyanyi solo (bukan penyanyinya yang orang solo…:-)), yang mungkin kurang bisa diterima oleh orang-orang yang berada di daerah. karena selain lirik yang berat dan progresi chord-nya terlalu rumit untuk dicerna, jadi jarang banget lagu dari penyanyi pop -Rossa, misalkan-, dinyanyikan oleh anak-anak muda disaat mereka nongkrong ataupun oleh pengamen jalanan. bebeda dengan lagu-lagu dari Ungu atau Peterpan misalkan, yang rasanya hampir semua orang gampang untuk mencerna dan menyanyikannya.

Yang jelas, musik itu sangat beragam dan setiap aliran/genre musik itu ada penggemarnya masing-masing. apapun bentuknya, musik pop sudah menjadi sebuah budaya di negeri ini. menggeser popularitas dari musik yang sangat merakyat yaitu Dangdut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s