Jayalah Musik Indonesia

Stop Press!!!…

Beberapa minggu yang lalu, dunia infotainment indonesia sedikit hangat dengan berita bahwa lagu terbaru Naff (aku pun nggak tau judulnya), katanya ada bagian dari reff-nya yang mirip sama lagu dari penyanyi Once. setelah di utak atik wartawan infotainment duduk persoalannya dan setelah konfirmasi sama pihak yang dirugikan dalam hal ini Once, ternyata Once sendiri nggak merasa dirugikan dengan hal itu, dan malah Once sendiri malah nggak tau dimana letak persamaan dari lagu itu. (atau mungkin dia juga nggak tau lagu-lagu Naff…).

Sebenarnya ini bukan berita yang harus dipermasalahkan. karena dari dulu, berita seperti ini selalu berulang dan nggak ada kelanjutan dari proses gugat mengugat antara pihak-pihak yang bermasalah.

Karena menurut sudut pandangku, yang namanya lagu itu pasti ada dimana salah satu nada atau liriknya, punya kemiripan antara satu lagu dan lagu lain. baik lagu indonesia dengan lagu barat atau sebaliknya, dan mungkin sesama lagu indonesia juga. beberapa tahun lalu sempet dihebohkan dengan berita yang menyatakan salah satu lagu hit dari Sheila on 7 yang berjudul “Anugerah terindah yang pernah kumiliki“, katanya nadanya menjiplak habis dari salah satu lagu barat. tapi menurut Erros sang pencipta lagu itu, lagunya itu sedikitpun nggak ada pengaruh sedikitpun dari lagu barat (yang kata para wartawan mirip itu), selama dia menciptakan lagu tersebut. dan pada akhirnya berita itu menghilang dengan sendirinya.

Kalo mau diungkapakan, mungkin banyak lagu dari penyanyi atau band di indonesia yang hampir mirip-mirip. sebagai contoh, apa lagu Sempurna-nya milik Andra & The Backbone nggak mirip dengan lagu Dust In The Wind milik Band Kansas?… menurutku sieh mirip banget sebagian intronya. mungkin Andra sang pencipta lagu Sempurna itu nggak ada niatan untuk menjiplak lagu Kansas tersebut, dan apapun kata orang kenyataan membuktikan bahwa lagu tersebut menjadi sangat digemari saat ini.

Jadi intinya, sangat wajar dimana seorang musisi menciptakan sebuah lagu, dan hasil akhirnya ada sedikit kemiripan nada, lirik, ritme, atau nuansanya dengan lagu milik musisi lain. karena musik itu sendiri hanya terdiri dari dari 7 tangga nada dasar (Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Ti), jadi sangat mungkin akan ada satu lagu dengan sekian juta musik/lagu yang pernah tercipta didunia ini yang mempunyai kemiripan.

Jadi, berkaryalah untuk musik indonesia, jangan ngurusin hal-hal yang nggak penting seperti itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s