Geliat Musik Metal di Indonesia

Di Indonesia, musik “Metal” atau yang sering disebut musik beraliran keras, bisa dikatakan sebagai musik yang bergerak di bawah tanah dan lazim disebut musik underground. bagaimana tidak, band-band metal selalu dikesampingakan sebagai band biang kerusuhan, keonaran, berisik, lirik yang kasar, dll.

Tetapi sejatinya tidaklah demikian. walaupun musik metal berisik, tetapi tetap mengikuti progresi nada-nada yang layak untuk dinikmati. dan lirik-lirik yang disuarakan merupakan bentuk ekspresi yang wajar dan jujur. kritik sosial, politik, tentang Tuhan, cinta, dan makna-makna yang sesungguhnya sangat menyntuk jika disimak.

Produser musik seolah enggan untuk mengorbitkan band-band metal. mereka takut tidak akan meraih keuntungan atau bahkan merugi karena band-band yang membawakan musik metal tidak ada nilai komersilnya. maka tak heran band-band metal selalu bergerak sendiri (Independent) untuk memproduseri dan mempromosikan lagu-lagu yang dibawakannya.

Memang harus diakui, band-band metal di indonesia “Relatif” susah untuk meraih simpati masyarakat luas pecinta musik. karena biasanya musik mereka hanya didengarkan oleh orang-orang tertentu (segmented) yang mempunyai selera dan mengerti musik metal sesungguhnya.

Tetapi lihatlah band-band metal di luar negeri (Amerika khususnya) yang sangat bebas memainkan musik mereka namun tetap laris dari sisi komersilnya. Slipknot adalah contohnya. bagaimana band ini sangat dipuja oleh pecinta musik dunia termasuk ndonesia, walaupun musik mereka “sama berisiknya” dengan band-band metal lainnya.

Yah, itu kan d amerika mas… indonesia kan beda.

Tetapi, akhir-akhir ini, band-band metal di indonesia mulai menggeliat dan “muncul dari bawah” tanah untuk meramaikan persainagan dengan band-band mainstream di indonesia… Koil, Burger Kill, Tengkorak, adalah beberapa band metal indonesia yang mulai mendapat apresiasi pecinta musik indonesia secara luas…

50 thoughts on “Geliat Musik Metal di Indonesia

  1. Pingback: beatheaven » Blog Archive » Geliat Musik Metal di Indonesia « Harmonic Noise

  2. bro gw cuma nambahin ja….
    dari beberapa survey yg gw prhatiin selama ini melalui internet, ataupun dari omongan sesepuh metal di indonesia,
    klo metal indonesia itu idah no. 1 di asia.
    dan berbagai macam jenis aliran ada, bahkan band2 luar negeri sekalipun, ngga merasa takut kalo konser dsini, karena peminat mereka banyak,dan malah bisa terhitung rata2 tiap bulan band luar datang ke indoenesia..
    jadi menurut gw bukan hal yang ga mungkin klo musik di indonesia bakalan terus berkembang,krn gw sndri sbagai pemain musik underground, mempunyai keinginan untuk memajukan musik underground indonesia,
    mungkin itu sedikit masukan dari gw, maaf klo ada kata2 gw yang menyinggung pihak2 tertentu krn memang ini kenyataan bukan di buat, klo mo liat perkembangan musik indonesia lo bsa liat dari rolling stones indonesia kok,
    terima kasih banyak sebelumnya,
    mari dukung musik lokal underground indonesia.
    stop piracy, karena kita harus menghargai jerih payah musisi underground lokal indonesia…

  3. ok, mantap bro… emang musik metal indonesia lebih keren di asia… dulu gw di bandung, band band underground itu dahsyat. jaman jaman dajjal, jasad, hellgods, dll. keren….! sukses band nya bro… denger lagunya donk…heheh kalo mau denger lagu band gw, klik aja http://www.reverbnation.com/violin tapi bukan metal…;-)

  4. tonex

    @deedon..mang bener bro,indonesia merupakan komunitas metal terbesar di asia,melebihi jepang. Gw berharap dekade depan musik metal bs jaya lagi di indonesia sepertri th 90’an..salam metaal wat para ‘MetalHead’ indonesia..

  5. eriz

    betull
    menurut saya band band keras ga selamanya musik ‘berantakan’ . musik underground adalah salah satu inspirasi hidup saya , contohnya musik burgerkill , band ujung berung itu telah membuat saya bagaimana cara menyikapi hidup
    mulai dari liriknya dan gaya hidup mereka . beside pula , band satu ini patut di acungi jempol . cara bermain musik mereka tidak kalah dari band band ternama diluar sana

  6. bahkan Purgatory, diakui oleh dunia sebagai band metal yang bagus dari indonesia. pernah juga tergabung dalam kompilasi album bersama Lacuna Coil. keren lah… 🙂

  7. grunge

    gw seneng banget denger dari kalian semua yang udah ngedukung musik underground….gw baru tau ternyata banyak juga yang kagum ama metal…

    salam wat anak2 metalhead yang ada di indonesia………

  8. musicapedia

    denger2 band Grindcore Indonesia, Noxa, ikut partisipasi di Tuska Metal Festival Finlandia ya??
    Bahkan sepanggung ma Slayer, Dimmu Borgir, Kreator, dll..

    Keep on banging bro!! \m/

  9. Yan Setiawan

    metal mmg udh lm brkmbg di Indonesia,cuma syg yg gw prhtiin kbnyakan kq genre yg ada itu2 aj;death,black,trash,gothic,grindcore,nu metal r metalcore hny sglintir yg mnganut aliran heavy,progressive,power,speed r true metal.so what’s wrong,apkh krn kblatnya metal indonesia dr US metal,pdhl bnyk metalhead yg ngefans berat band2 spt iron maiden,judas priest,helloween,rhapsody of fire,hammerfall,sonata arctica,kamelot,dream theater,tp bgitu sdkit band2 metal indonesia.masalah selera r kapasitas (kl gw prhatiin di indonesia jrg ada vokalis metal high riff al suara dgn nada tinggi,smcam arul power metal r gitaris shreder,kbnyakan pnganut harsh n growling voice).kl liat tren ky gni mnurut gw si qt jls msh ktnggalan jauh tu dr jepang,sgala macam genre ada dsana.

  10. @Yan Setiawan: emang bener sih bro, di indonesia metal itu identik dengan death, black, trash ,gothic ,grindcore, dan sejenisnya. dan musik kayak heavy metal, progressive, industrial, hardcore, lebih digolongkan sebagai musik rock atau alternatif rock. jadi apa sih definisi metal sesungguhnya? musiknya atau semangatnya?… :-).

  11. ainesstars

    gw stuju klo produser” musik d INDONESIA itu takut buat ngerekrut band METAL di negeri ini..! MUSIK METAL bukan musik nggak bermutu..! MUSIK METAL adlh musik rohani penghibur jati diri..! nggak slamanya hitam itu menggelapkan kan..? DEATHMETALMUSIC FOREVER IN THIS COUNTRY…!

  12. ozha blood

    SURAKARTA GOTHIC METAL
    MENABUR BUNGA UNTUK INDONESIA UNDONESIA UNDERGROUND
    STAY METAL UNTIL THE END OF DAYS

  13. Dian Medan

    Mau sharing aja nih,gw suka Deathcore (dan turunannya sebangsa melodic DC,technical DC,techno DC,gore DC,bahkan porn haha)…braekdown nya itu lho…bikin beban ilang dan kepala enteng hehe..

    band favorit gw (kebanyakan band luar sih…) : Annotation for an autopsy,abominable putridity,ATB, We butter the bread with butter,repulsive dissection,arsonists get all the girls,the devil wears Prada,bleed from within,carnifex,dying fetus,fleshgod apocalypse,spider killed bananaman,testicular seizure,underoath,waking the cadaver,yeah what captain said 🙂

    sedih,senang tetep METAL !!

  14. teguh

    sneng bnget tryata bnyak pula yg spndapat n spmikiran ma gw….. hehehe

    maju terus MET@L tanah air…

  15. memang org INDONESIA itu kebanyakan hatinya terlanjur melow……..
    gak bisa menilai musik metal dengan benar………
    gue sbgai vocalis scream merasa sngat tidak di hormati…….
    saya berharap produser di indonesia dapat memberikan support kepada band” metal tanah air……..
    keep it \m/……….

  16. zul

    music metal tak kan pernah mati…
    dan gak da satupun yang bisa matiin music metal…
    kita independent n kita bisa karena kita PD

  17. Muhammad Syahri Ramadhan

    Aq sangat suka musik metal, jd siapa pun yng mbuat musik metal punah, akan kubunuh orang itu! Musik Metal tidak akan pernah punah, sekalipun zaman sudah berganti.

  18. Bintang

    gw penikmat musik Metal..
    gw sangat respect dgn respon” tman” yg mendkung lajunya prkembangan music bawah tanah..
    org” yg bilang metal itu cuma musik brisik, bkin skit kuping, n g jlas, justru Menurut gw MEREKA YG GATAU APA” TTG SENI METAL..
    gw sbagai org yg cinta mati sma metal, ska risih n sebel klo ad org bilang metal hanya sebatas itu, mreka g liat unsur dalemnya, hanya luarnya saja..

    oh ya, setau gw band metalcore di indonesia jarang ya?
    gw penggemar berat metalcore..
    apalagi christian metalcore, jrg bgd gw denger di belantika musik metal indonesia..
    klo di luar sprti As I Lay Ding, Darkest Hour, Destroy The Runner, August Burns Red, Parkway Drive, The Eye Of A Traitor, Haste The Day, The Language Of Thought Hypotesis, Machinemade God, dll..
    hingga saat ini yg msih mendominasi death metal..

    tapi gw salud bgd sama band metal indo,
    wlwpun di negara sendiri g trkenal, tpi dunia sudah mengenal band metal indo.
    bhkan sudah ada yg meramaikan acra tahunan open Tuska Air, NOXA.. manttaaap..
    daripada trkenal di INDONESIA, tpi ga dikenal dunia..
    kaya musik CINTA skrang yg bermutu menurut gw dan cuma ngejar popularitas aja..

    HIDUP music underground
    \m/

  19. helo brother,gua pnya band metal bergenre melodic death metal,
    tpi koq susah banget sih nyari produser di indonesia yg bisa ngorbitin lagu kami . . .
    apakah produser sekarang hanya menilai band2 melow yg bisa menguntungkan mereka?
    padahal band metal sekarang lagi naik daun . . .
    dan menurut gua musik metal itu asyik dan bisa membangkitkan semangat jiwa muda untuk berkreasi . . .
    keep metal \m/. . .

  20. anto

    metal never die..
    betul bgt bro. banyak bgt musik metal indo yg begitu terkenal diluar negri.
    burgerkill, tengkorak, jasad, siksa kubur, deathsquad, death vomit, purgatory, cuma contoh dari berapa ribu band metal lokal yg udah ga diragukan lagi kualitasnya,bahkan oleh dunia internasional.
    mereka semua punya karakter musik yg kuat, ga asal asalan, liriknya yg mengena, jujur, skill pun jelas di atas rata rata.
    pokoknya salut buat musik metal di indonesia.. maju terus,kita semua ngedukung kalian

  21. Adiet

    Kalo dri kriteria gua, bocah 20tahun kebawah di Indonesia utk taun 2011 ini, mereka tidak tahu dasarnya musik metal seperti The Big Four, Metallica, Slayer, Anthrax, dan Megadeth.
    Mungkin cuma gua doang(umur 20thn)yg penggemar berat The Big Four, salah satunya Metallica, gua bgd!
    Pliz anak muda jaman skrg yg suka metal, harus tau dan menghargai The Big Four.
    So, gua Lebih suka ThrashMetal, Heavymetal, SpeedMetal, dan Hardrock.
    Klw DeathMetal dan Technical Deathmetal, kyknya gak semainstream Heavymetal deh klw utk ke seluruh dunia..
    Contohnya Band2 The Big Four punya Major Label yg terkenal seperti Vertigo, Warner, dan Elektra, nah kalau Technical Deathmetal paling Roadrunner! Dan Labelnya pun gk se Mainstream Warner dan Elektra..

  22. oki

    liat komentar macem2 kayak gini jd penasaran gue. Gue anak yg msh ketinggalan zaman nih..
    kenalin gue dong seluk beluk tentang metal

  23. rHeyNiSoniC

    Hai brother…

    kita btuh Info tntang prkmbangan musik Metal & Metal Head di Indonesia. Klo ad yg tau mhon Infox di Forum ne ato email Q lngsung ea. Ne mw Q jdikn bhan skripsi brothers… mkasi sbelumx ats infox…

    Peace & Slam 3 Jari \m/

  24. mari kita bangkitkan musi metal di indonesia, jangan pedulikan orang lain yang menganggap musik metal itu sebagai band biang kerusuhan, keonaran, berisik, lirik yang kasar, dll.

  25. Pingback: Musik Metal di Indonesia « leoneleki

  26. Bicara soal Metal di Indonesia memang hal yang miris
    Brader Ane dari Padang ke Jakarta selama 2 bulan sodorkan demo kesana kemari, gak di gubris
    padahal mereka termasuk 10 besar di gudang garam rock festival
    jawaban yang sama selalu mereka terima: “Gak komersil”
    mudah2an tahun2 ke depan musik Metal Indonesia bisa JAUH lebih maju… \m/

  27. Koko

    METAL bgi w udh menjiwa,,,w pgn ngliat musik metal bsa diterima di industri musik jga,,,biar lbh mewarnai musik ank ngri…kpn bsa liat bandoso atau burgerkil,siksa kubur,at bnd2 metal laen ngol diacra musik2 di tv….? W rasa byk pcnta2 msk metal yg inginkan hal in jg.tnx

  28. kalo ane maennya di heavy metal, speed metal, melodic death metal, trash metal, hardcore ..
    bandnya kaya iron maiden, helloween, children of bodom, bullet for my valentine ..
    dan ane baru berumur 15 tahun ..

Leave a comment