RSS

Memilih Nama Untuk Sebuah Band

24 Mar

Menentukan sebuah nama untuk seorang anak manusia yang baru terlahir ke dunia, tentu tidak sembarangan dipilih dan ditentukan oleh orang tua yang melahirkannya. pastinya punya arti dan harapan tersendiri dari proses penamaan itu sendiri. begitupun untuk sebuah brand/produk, perusahaan, dll.

bagaimana menentukan sebuah nama untuk band/grup musik? sama saja. sebuah band dipilih karena punya arti dan filosofi tersendiri. yang diharapkan mampu memberikan efek secara tidak langusng terhadap band tersebut.

Sebagai contoh, Dewa 19, Radja, Ratu, d’Masiv, Gigi, kaisar, dll. adalah nama yang mempunyai arti dan filosofi yang mengarah kepada kebesaran, kekuasaan, kesinambungan, dan arti-arti yang megah. korelasinya, kebetulan atau tidak nama-nama band tersebut menjadi band-band yang mampu menduduki tahta tertinggi dalam percaturan musik indonesia. setuju atau tidak, begitulah faktanya.

Tetapi banayak juga band yang tidak terlalu memikirkan nama dan terkesan apa adanya dalam menamakan band, bisa juga meraih sukses. Slank adalah sebuah contoh nama yang tidak mempunyai arti secara harafiah, namun buktinya Slank adalah band yang mempunyai nama besar dan sukses luar biasa dalam dunia musik indonesia.

Menarik untuk dicermati dalam hal penamaan sebuah band antara band-band dunia dengan band-band di indonesia.  band-band terkenal dunia rata-rata memilih/mengunakan dari penggalan 2-3 kata untuk bandnya. misalkan Led Zeppelin, Guns N Roses, Deep Purple, Rolling Stones, Linkin Park, dll. berbeda dengan band-band populer di indonesia yang rata-rata hanya memilih 1 kata saja.  misalkan Slank, Gigi, Nidji, Ungu, Peterpan, dll.

Mungkin, untuk di indonesia dengan memilih hanya 1 kata ditujukan agar mudah diingat dan tidak susah diucapkan oleh para pecinta musik. karean orang indonesia biasa mengambil mudahnya saja…:-). kebanyakan orang indonesia juga hanya menyebut satu kata saja untuk band-band luar negeri. misalkan Deep Purple hanya diucapkan “Purple” saja. atau Rolling Stones hanya diucapkan dengan “Stone” saja…

Apalah arti sebuah nama, jika hal yang paling utama dalam musik (Kualitas*), tidak diracik secara apik. sebuah nama bukan jaminan sebuah kesuksesan. tetapi, tidak salah juga jika anda punya band/grup musik yang masih merintis, memilih nama yang bagus yang mempunyai arti dan filosofi yang bagus juga.

About these ads
 
4 Comments

Posted by on March 24, 2009 in Music

 

Tags: , ,

4 responses to “Memilih Nama Untuk Sebuah Band

  1. YudHi

    January 19, 2011 at 3:08 pm

    kk tolongin cari nama band dulu ea kk plis…

     
  2. pemy

    September 25, 2011 at 1:25 pm

    kk bantu saya buat bikin nama band yang pas untuk personil saya .. band kami bertiga kami membawakan lagu2 kami sendiri dengan konsep musik alternative rock harmony..

     
  3. lanang surya

    July 19, 2012 at 9:06 pm

    kk tolong dong buat kan saya nama bend yg bagus aliran band saya pop rock , yaa sejenis group band j-rock , tolong dong kak

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: