Promosi dan Jual Lagu di Internet

Musik dan teknologi adalah dua hal yang sangat erat hubungannya dan tidak  dapat dipisahkan dalam perkembangan dunia musik modern. musik sudah menjadi komoditi dalam sebuah industri (Musik). bahkan di Inggris, musik adalah sebuah komoditi yang memberikan  keuntungan dan devisa untuk negara.

Dengan dukungan teknologi, musik menjadi semakin mudah di komposisi dan menghasilkan kualitas yang “relatif” bagus. untuk hal kualitas menjadi sangat relatif, karena ini tergantung dari kreatifitas masing-masing individu untuk meramu sebuah musik yang bagus denga teknologi yang digunakan.

Membuat sebuah karya musik saat ini bahkan bisa dilakukan sendiri dirumah. tidak seperti dulu, rekaman (recording) adalah sebuah mimpi bagi kebanyakan musisi amatir/pemula. karena alat-alat untuk melakukan rekaman musik sangatlah mahal. tapi saat ini, dengan dukungan teknologi yang sederhana dan relatif murah musik bisa dibuat oleh siapa saja selama orang itu mempunyai musikalitas dan tujuan membuat karya musik. dan saat inilah yang disebut “Era Digital Recording“.

Promosi & Jual Lagu di Internet

Anda sebagai individu atau tergabung dalam sebuah band/grup musik mempunyai karya musik/lagu?…. tentu anda ingin menjadikan lagu anda populer dan bisa menghasilkan keuntungan secara materil. bagi yang serius tentu langkah-langkah untuk merealisasikannya sudah muali anda lakukan. pasti anda ingin lagu/karya musik anda dilirik oleh perusahaan Major Label. karena lebih cepat populer dan memberikan keuntungan yang besar. karena Major Label mempunyai jaringan distribusi dan promosi yang dikelola secara profesional dan melibatkan banyak fihak.

Tapi bagi anda yang bergerak sendiri atau independent (Indie) tentu alternatif untuk mempromosikan dan menjual lagu adalah lewat Internet. yupz, internet adalah sebuah multimedia yang memberikan banyak sekali keuntngan bagi orang yang betul-betul memanfaatkannya. bahkan saat ini, artis atau band yang sudah terkenal, menjadikan internet sebagai media promosi yang sangat diandalkan. jaman sudah berubah. dan kita harus mengikuti perubahan itu.

Saya hanya ingin berbagi tentang beberapa situs dari skian banyak situs di internet yang bisa dijadikan sarana ampuh untuk mempromosikan dan menjual lagu/karya musik anda. diantaranya:

1. Reverbnation.com – inilah situs yang mulai populer dikalangan pemusik independent dunia sebagai media yang ampuh untuk promosi. bahkan lagu anda dapat dijual dengan bantuan Reverbnation melalui jaringan music online store paling populer didunia seperti, iTunes, Amazon, Napster, dll.

2. Digital Beat Store - ini adalah toko musik online pertama di indonesia. detail lengkapnya baca disini

3. IM:Port Musik – Situs komunitas musisi indonesia milik musisi Anang Hermansyah. situs ini sangat strategis untuk sarana promosi band/solois terutama Indie. silakhan langusng meluncur kesana untuk registrasi

Sekian dulu dari saya. kalau ada yang lain akan saya tambahkan. bagi anda yang tau situs-situs lainnya sebagai media promosi dan jual lagu di internet, mari berbagi dengan teman-teman musisi lain lewat komentar dibawah…

Salam

94 thoughts on “Promosi dan Jual Lagu di Internet

  1. bro..cara buat post band di Digital Beat Store sm IM:Port Musik tuh gimana bro?
    bisa kn?band saya pengen jual lagu nih..gimn cara’y bro..
    mksh,

  2. Sekedar ingin menambahkan, saat ini sudah ada “Solusi Pemasaran Karya Rekam Berbasis Jaringan Online”. Kamu semua bisa register di http://solusimusik.com ,dan bagi kalian yang ingin berkomunitas dengan para pencipta karya rekam bisa join di http://solusimusik.net . Kedua web ini relatif baru dan terlihat memang sangat prospek kedepannya. Silahkan berbondong-bondong untuk register disana.
    SALAM MUSIK INDONESIA…!!!

  3. maaf mas aku dari bandung,dari dulu banget saya dah cari-cari orang yang mau beli lagu saya.tp non of them exist until this moment.maaf mas bisa tolong ga referensi orang yang minat?karna lagu saya masih mentah banget,ga ada dana buat dibikin master.terimakasih banyak untuk sebelumnya..

  4. mav sblum nya saya dari jakarta .. pengen jual lagu saya… itu harus gmn dan nglewatin beberapa langkah mas.. trima kasih

  5. ada lagu bagus menurut kalangan pendengar musik saya jual, 085220615818 asli karya anak bandung dijamin gak bakal nyesel buang waktu…cari lagu baru fresh…

  6. Ada lagu yang mau saya jual salah satunya bisa dicoba dengerin di situs saya http://www.onieljuallagu.multiply.com

    tepat siang ini 12 desember 2009 ada Satu lagu yang baru saya pampang di situs saya, menceritakan tentang perjalanan dan suara hati bisikan seorang pengidap HIV/AIDS

    Lagu tersebut sengaja tidak di beri aransement apapun.

  7. mas nanang gimana sich sistem alur kerjasama sama penyanyi so aku ada yang ngajak kerja bareng buat bikin album solo cewe nah gua yang dapet tender lagu ciptaannya pokonya yang jelas yach mas…riil bener

  8. @ oniel: kalo buat pencipta lagu sih tergantung kesepakatan sama penyanyinya. kalo mau jual lepas, tinggal sesuaikan aja harga per lagunya… atau kalo gak mau jual, bisa pake sistem commission sharing (royalti). persentasenya tergantung kesepakatan juga… :-). tapi kalo menurut saya enakan royalti. kalo lagunya bener2 hits untungnya bisa kebagian terus.. tapi kalo hits dan lagunya udah lepas dijual, nyesel deh… :-D.

  9. mekom..saya ingin menjual external hard disk 500gb + 15000 lagu mtv karaoke + 5000 lagu mp3…

    sesiapa yang mahu dan berminat..sila hubungi saya..anda masukkan duit dalam akaun saya
    dan saya akn post brang anda

    myblog = wani-myblog.blogspot.com

    contact number = 0139572506

    harga =RM600 (harga boleh dirunding)

    nie saya jual murah jew..kalau orng lain jual 1 lagu 10sen..tapi saya offer..

  10. asalamualaikum………….selamat siang.
    mas nanang,sblmnya saya mau ta tlong.
    sya mempunyai 7 buah lagu hasil karya cipta saya sendiri…..saya mau mempromosikan lagu2 tersebut k penyayi terkenal.bisakah mas membantu saya.
    mas bisa hubungin no ini 081367078299 atw085815045185
    terimah kasih
    saya mohon bantuannya….

  11. asslkm. slmt pagi mas. sy akmal sanjaya dari padang sidempun.. saya mau minta tolong.. bagaimana caranya mengorbitkan lagu saya..
    skrng ini saya uda punya lagu sebanyak 18 lagu 7 diantaranya sudah demo.. tolong ya mas…
    akhmal shanjaya 087891106797

  12. mas kaka saya yang udah meninggal punya banyak lagu … kaka saya meninggal karena patah hati karna di putusi sama pacar kuliah nya jadi kaka saya mabuk”kan dan kecelakaan kaka saya sebelum meniggal dia minta lagunya bisa di denggar oleh semua orang terutama orang yang suka nyakitin perasaan orang lain lagu kaka saya ada sembilan lagu saya ga tau enax atau engga menurut mass tapi kaka saya pernah menjuaraai loba bikin puisi waktu sma juara 2 ….moga mas bisa membantu saya untuk memenuhi amanat kaka saya…aminnnn…???

  13. aq dr jakarta…aq mw jual lagu2 karya sendiri pokonya bisa bikin hits dh…tp lagunya masih mentah bgt…cz gak ada player2 tuk ngiringin..mw di record midi tp uang aq gak cukup……cz mahal biaya….rumah aq si deket bang di mampang prapatan…

  14. MENDENGAR DAN MENYANYIKAN MUSIK orang lain itu sudah biasa..tetapi kalau MENDENGARKAN

    MUSIK DENGAN VOCAL ANDA SENDIRI dan liriknya tertuju kepada anda sendiri…itu BARUUU

    RUAAR BIASAA.!!!Nah..saya kerjaannya arranger musik..menerima pesanan2 dari Produser untuk

    komersil///Namun sat ini baru SEPIII…Jadi sekarang saya gabung aja di Program “LAGU ANDA

    JADI DUIT” ternyata malah menghasilkan..wooow!!! .Sekarang menjadi ladang mata pencaharian

    saya…
    Yooo sama2 bergabung dengan saya di http://www.studiokoe.com saya tunggu!

  15. saya awie dr sby.
    saya ingin jual lagu.dr lagu pop smp dangdut.dr yg uda diarransemen n yg blm.saya jg bs buatin lagu sprt yg kalian inginkan.dijamin gk jelek deh!saya memberikan bukti bkn janji.bila ada yg brminat hbgi no 03170254542 n 087853133194.saya tunggu lho!thanx

  16. assalamualaikum aq dr pasuruan aq mau jual lagu dgn aliran pop-melayu, tp lagunya masih mentah hanya diiringi dgn gitar krn aq sendiri anak jalanan
    pasti lagu ini memuasin,tp masih ada 3 lagu
    bila mas berminat hub 087856742342

  17. NI AKU INDRA DARI PASURUAN, KU PUNYA LAGU KARYA SENIRI PENGENYA KU JUAL. MASALAH HARGA GAMPANG DAPAT DI RUNDING Hb:081646575313

  18. tmen-tmen saya punya band namanya sinsie kalo pengen dengerin lagunya tinggal cari aja di internet trus gmana pendapatnya ?
    karena saya butuh pendapat/saran anda
    trimakasih

  19. gwe mau jual lagu gwe ne gmn cara x…
    gwe lg tuh duit bngt… insya allah lagu x bisa di terima masyaraka. hub:081251514103

  20. saya pengen jual lagu,, ni,,, gimna caranya,,,,,
    udah lama merantau saya.. kesana kemari buat jual tuh lagu tapi gg ke’temu”,,,

  21. saya udah lama mas pengen jual lagu saya..
    tolong bantu saya mas…
    yg pasti ni lagu indah,, tapi agak melayu sii…

    dari Enan sang pencipta lagu kampungan di banjarmasin,,,..

  22. Assalamualaikum,,.
    Kami Dari Band Bandung Cicalelngka,,
    Kami Punya Lagu,, Pengen Di Promosiin!!
    Cara Nya Gimana??
    Di Cicalengka Lagu Band Kami Orang-Orang Udah Banyak Yang Denger,, Aliran Lagu Kami Pop,, Tapi Gimana Caranya Lagu Kami Terkenal??? Dan Bisa Turun Ke Dunia Musik Indonesia,,,.. :-)

  23. Assalamu alaikum n salam sejahtra,,,, aku mau promosi lagu Band aku,, nama Band aku B.Q.Chies…..
    ni Judul lagu aku,,
    Bau Ketek
    Hanya Kamu
    Saat kau jauh
    ………
    Mungkin teman2 mau mendengarkannya silahkan cari di google aja ya,,ntr di beri petunjuk,, n ada yang bisa bantuin buat promosi ya,,,,,
    ni alamt email aku,,adoelx2x899@Yahoo.co.id……makasiee salam kenal semuanya

  24. saya punya lagu tentang kehidupan sosial
    ada juga tentang cinta..
    ada yang berminat mempromosikan ? ? ?
    cp 085659020252

  25. saya punya lagu karangan sendiri
    ada 5 lagu
    tdan biasanya cuman aku rekan pake gitar ajah
    n ada juga sih videonya

    kalo berminat liat ajah di youtube.com
    cari dengan judul isi hati
    dalam video itu berju,lah 3 orang 2 pake kerudung 1 g pake
    n masih berseragam sekolah SMA

  26. Ikut Promosi!!
    Profil BAND kami bisa diliat di http://www.facebook.com/cplusplus.band?v=app_2405167945
    Berdiri di bandung Awal januari 2009 berjumlah 3 personil kemudian menjadi 4 personil pd tahun 2010.Aden(vokal),Qalam(gitar),ihsan(drum),Aly(bass)
    sdh memiliki 8 lagu
    -Katakan Kau Cinta Kepadanya
    -Sama Sepertimu
    -Ayah Bunda
    -Persahabatan (Hit Single)
    -Arti Ketulusan
    -Cantik
    -Tertuju Padamu
    -Teman Masa Kecil

    Belum terikat dengan management label.
    Contact Person aly(085752281100)

    JAYA TERUS MUSIK TANAH AIR!!!CINTAI KARYA ANAK BANGSA!!

  27. Genre:
    Power PoP,High School Music,Dance
    Anggota:
    Gestra – vocal !!

    http://www.facebook.com/gestra.astrohero

    FOLLOW ME–> @GestraAstro

    Govin – guitar !!

    http://www.facebook.com/Ghostpapa.rawr?ref=ts

    FOOLOW ME–> @Gopindass

    Arif – bass !!

    http://www.facebook.com/arief.sumantri1?ref=ts

    FOOLOW ME–> @arief_eltho

    Komo – Synthesizer !!

    http://www.facebook.com/?ref=home#!/profile.php?id=1851858692&ref=ts

    Deny – drum !!

    http://www.facebook.com/?ref=home#!/profile.php?id=1684895447&ref=ts

    Check Us On :

    http://www.myspace.com/ellizathornberrys

    http://www.reverbnation.com/ellizathornberrys

    http://www.twitter.com/elltho

    BOOKING CONTACT (call or sms):
    089638124236
    08561814875

    KUNJUNGI JUGA PAGE ELLIZA THORNBERRYS “HORAY TEAM” :

    ELTHO OFFICIAL HORAY TEAM BOGOR :

    http://www.facebook.com/group.php?gid=104772333986

    ELTHO OFFICIAL HORAY TEAM SERANG :

    http://www.facebook.com/group.php?gid=157541717595178

    ELTHO OFFICIAL HORAY TEAM PANDEGLANG :

    http://www.facebook.com/group.php?gid=109617199101892

    Kota Asal:
    Bogor,Indonesia

  28. salam mas,mau nanya ni cara jual lagu saya gimana ya?alx saya punya 30 lagu dengan berbagai aliran musik seperti pop alternatif,slow rock,reagee,rock n roll,melayu

  29. Menjual lagu ciptaan sendiri, sudah berupa data midi, digarap di Cakewalk, punya materi materi yang oke,,,, (jangan di dengar dari vocalnya, tapi dengarkan bobot materi lagunya)

  30. Saya punya banyak lagu rock/alternative ciptaan sendiri..lagu ciptaan saya msh kental dengan rock tahun 90′,saya terinspirasi & ngefans sama Radiohead-Nirvana-Suede-Sublime-Nickle Back-POM-The Offspring-Blur-Staind-Creed-Disturb & Audio Slave..saya harap anda berminat menghubungi saya & atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih (021 9758 8306).

  31. mas saya numpang promosi band saya yang sekarang tinggal kenangan…..semoga yang denger lagu ini bisa terhibur ^^, alirannya dancekustik

  32. aku juga punya lagu diantaranya :
    1 hitam kegelapan aransemen akustik
    2 Hipokondria aransemen akustik
    3 luka aransemen regae
    4 aku ada untukmu aransemen regae
    kalau berminat hubungi aku diemail aku ya ; halim_ab56@yahoo.com
    lagunya dibayar kalau udah menghasilkan uang kalau gak menghasilkan uang gak usah dibayar juga gak apa asal aransemen awalnya gak dirubah total….:)

  33. mau terkenal harus punya modal…!!!!
    aku tawarin lagu ni….sudah tersedia dalam bentuk mastering….DIJAMIN KEREN…
    call: 081260962695
    tx

  34. gimana ya caranya nawari lagu ???? atau lebih tepatnya ngejual lagu,,
    gw punya beberapa lagu ciptaan sendiri, ga punya modal buat rekaman,, cuma bisa ri rekam pake HP doank,,, yang berminat ngedengar hub saya y…

  35. tlg bantu saya,, saya punya lg ciptaan sndiri, ya mngkin cm diiringi gitar aja, saya rasa kalo diolah lg dgn alat musik lgkp pasti hasilnya sngat memuaskan,,
    saat ini saya butuh banget uang buat biaya hdp keluarga saya,, karna dah 1 bln putus krj dr krjaan saya,, lw ada yg mau beli silahkan kunjungi bloger saya di ngampert.com

  36. Saya lulusan sastra.. saya punya kemampuan menciptakan lagu. saya telah menciptakan lagu n masih ada yang berupa lirik saja. lagu2 yang saya buat ada pop n rock, yang lainnya terserah peminat mau digubah gimana ga apa2. jika ada yang berminat diciptakan lagu dari pengalamannya bisa ceritakan kepada saya n akan dibuatkan lagunya. baik itu kisah cinta, kehidupan, politik, religi, dll. Saya menjual lagu karn punya alasan sendiri. jika anda serius n berminat silakan hubungi email saya: adybahewa@yahoo.com. saya jamin anda bakal senang.

    Saya serius n Pastinya anda akan tertarik jika anda melihat hasilnya.

  37. saya mau jual lagu kang,saya sama band saya bubar
    kalau mau lagu ciptaan saya tolong dong di kontak
    089636006376
    makasihh

  38. aslkm..
    aq andi asal aceh..
    aq pnya lagu aliran pop rock dgn judul sejauh hati dan cinta terpendam..
    siapa yg berminat hbngi ajja ke nmor qu 085260031325
    aq jamin smua yg beli lagu qu g nyesal..
    krn udh komplit tgal dpublikasi ajja kesemua masyarakat..
    dan ne email ku andi_putroephang89@ymail.com
    mksieh

  39. Info sedikit saya punya beberapa lagu,,, dan bisa menerima pesanan lagu sesuai tema dari yg menginginkan lagunya… Jenis lagu Pop alternatif, Rock…. Alamat Cililitan Jaktim, no.telp 085297282253…. Bagi yg berminat atau punya relasi artis yg mau naik daun silahkan.

  40. assalamualaikum
    saya mau jual lagu ne,ciptaan dari band saya sendiri yang berasal dari palembang…
    kalau berminat hub 081215626691
    lagu nya pop alternative,dulu pernah juara satu di radio palembang,sekarang mau jual di karena kan band kami telah bubar,tanpa ada paksaan kami jual lagu kami..
    berminta silakan hubungin saya
    terima kasih

  41. numpang promosi

    Check my song “FerryTOGE – Maya Part 2″ on soundcloud :

    or on youtube for “FerryTOGE – Maya Part 2 -short ver.-”

    Suggestion and comments needed !

    di like y klo lagunya berkenan

Leave a Reply

