Mencipta Lagu

Menciptakan sebuah lagu, mungkin bukan suatu perkara yang sulit untuk musisi indonesia sekaliber Melly Goeslaw, Yovie Widianto, Ahmada Dhani, ataupun Dewiq. dari tangan dingin merekalah musik indonesia begitu bergairah dengan karya-karya yang diciptakannya. baik untuk dinyanyikan sendiri atau menciptakan lagu untuk penyanyi lain. berapa banyak penyanyi pendatang baru yang bisa langsung melejit namanya dan lagunya menjadi hit setelah menyanyikan salah satu lagu ciptaan Melly Goeslaw. atau pun penyanyi yang senior sekelas Rossa, KD, pernah menyayikan karya ciptaan Melly Goeslaw. dan sekarang ini, Dewiq sangat piawai menciptakan lagu yang rata-rata menjadi hit juga.

Bagaimana dengan kita (saya juga) yang termasuk masih pemula, bila ingin menciptakan sebuah karya yang bagus, dan berharap menjadi hit? tentu bukan perkara yang mudah. karena proses penciptaan sebuah lagu bukan hanya sebatas menciptakan saja, tanpa tau apa yang harus dilakukan setelah itu. maksudnya jalur untuk menuju industri musik sesungguhnya.

Sebenarnya tak ada aturan yang mengharuskan sebuah lagu itu diciptakan harus begini atau begitu. karena menciptakan sebuah lagu atau apapun adalah proses kreatifitas. jadi itu mengalir apa adanya dan tidak bisa di atur-atur. tapi untuk hal ini, kita harus mengikuti aturan main tentang musik/lagu yang bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat pecinta musik jika tujuannya adalah untuk komersil. jika kita ingin idealis dengan musik.lagu yang sesuai dengan karakter dan passion sendiri, terserah kita mau bikin lagu kayak gimana pun… musik seperti inilah yang ditunjukan oleh band/penyanyi Indie. bebas berekspresi, eksplorasi, dan improvisasi sesuai dengan karakter yang ingin ditunjukan.

Bagi seorang musisi, bisa menciptakan sebuah lagu adalah sebuah kepuasan tersendiri. karena sesungguhnya, komersialisme adalah bukan tujuan akhir bagi musisi. karena musisi hanya ingin menciptakan sebuah karya lagu untuk menghibur orang lain dan, “dirinya sendiri”.

Baca artikel ini;

Meraih penghasilan $70 dari setiap satu refferal, dengan hanya memasang banner di blog/website anda.

About these ads

3 thoughts on “Mencipta Lagu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s